Rabu, 06 Juli 2022

 
Dishub Kota Gunungsitoli Giat Laksanakan Penertiban dan Penindakan Kendaraan Over Dimensi dan Over Loading
Jumat, 25 Maret 2022 - 19:47:56 WIB

TERKAIT:
   
 

SERGAPONLINE.COM GUNUNGSITOLI - Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perhubungan Gelar Pelaksanaan Peningkatan Pelayanan dan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Barang dan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Kota Gunungsitoli dengan melakukan kegiatan operasi penertiban dan pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpang umum termasuk kendaraan over dimensi dan over loading yang dilaksanakan selama 2 Minggu, di mulai dari tanggal 21 sampai dengan 31 Maret 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli Meiman Kristian Harefa S.Sos, MSP yang didampingi Sekdishub Kota Gunungsitoli Medianus Zebua, S.Pd, MH, saat wawancara dengan awak dilapangan, Jumat (25/3/22), menjelaskan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah :
1. Menekan jumlah angka pelanggaran terhadap pengemudi kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpang umum, terutama yang tidak memiliki bukti lulus uji kendaraan atau sudah habis masa berlaku buku uji.
2. Terciptanya kondisi lalu lintas yang Tertib, nyaman dan aman.
3. Terpeliharanya kondisi kelas jalan sesuai peruntukannya.
4. Memberikan efek jera bagi kendaraan roda 6 keatas yang masih melakukan kegiatan bongkar muat di tepi jalan umum di Wilayah Kota Gunungsitoli.

Selanjutnya, Meiman menjelaskan bahwa untuk lokasi penertiban di pilih secara acak dan berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lainnya, tujuannya.

Adalah untuk menjaring seluruh kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpang umum yang tidak memiliki surat-surat kendaraan, terutama kartu uji dan masa berlakunya serta kendaraan yang over dimensi dan over loading.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PP Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan, PP Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Perda Nomor 2 Tahun 2017.

Tentang Penyelenggaraan Perhubungan, dan Perwal Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pengaturan, Pengawasan dan Pengendalian Bongkar Muat. Pemeriksaan dan  Penertiban dilaksanakan secara persuasif, humanis tapi tegas.
 
Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan operasi pemeriksaan dan  penertiban kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpang umum, Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli melibatkan pihak Lantas Polres Nias, Subdepom 1/2-5 Nias dan UPT PSP Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara.

Editor : Ibezanolo Zega


Foto: Kepala Dinas Perhubungan Kota Gunungsitoli Meiman Kristian Harefa S.Sos, MSP dan Sekdishub Kota Gunungsitoli Medianus Zebua, S.Pd MH, Jum'at (24/3/2022).



 
Berita Lainnya :
  • Dishub Kota Gunungsitoli Giat Laksanakan Penertiban dan Penindakan Kendaraan Over Dimensi dan Over Loading
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved