Senin, 04 Juli 2022

 
Pemko Gunungsitoli laksanakan penyusunan publikasi Kota Gunungsitoli bersama BPS
Selasa, 15 Februari 2022 - 22:58:01 WIB

TERKAIT:
   
 

SERGAPONLINE.COM GUNUNGSITOLI - Untuk menyediakan data yang dapat digunakan sebagai evaluasi dan perencanaan pembangunan, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli bersama dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kota Gunungsitoli Dalam Angka 2022 bertempat di Aula Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (15/02/22).

Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Focus Group Discussion kualitas data yang akan dikompilasi kedalam Publikasi Kota Gunungsitoli Dalam Angka 2022 dapat di tingkatkan, karena data Kota Gunungsitoli dalam angka merupakan data primadona yang paling banyak dicari oleh pengguna data sehingga diperlukan kehati-hatian yang ekstra dari perangkat daerah/ BUMN/ BUMD/ instansi vertikal dalam memberikan data.

“Data memiliki peranan penting dalam perencanaan pembangunan, dalam dokumen rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RPKD) Kota Gunungsitoli Tahun 2023, sumber utama dokumen tersebut adalah data-data dari perangkat daerah/bumn/bumd/instansi vertikal. Diharapkan data-data tersebut memenuhi standar data statistik sehingga data yang dihasilkan berkualitas dan terkini,”ucapnya.

Wali Kota juga meminta tiga kelompok/institusi dalam pelaksanaan satu data indonesia (SDI), yaitu: Pembina Data (BPS), Walidata (Dinas Komunikasi dan Informatika) dan produsen data (Perangkat Daerah) untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasinya agar data-data dari Pemerintah Kota Gunungsitoli bisa dipercaya.

“Ciptakan inovasi dan kreasi yang mempermudah pengelolaan dan pengumpulan data, gunakan sumber daya dan infrastruktur yang ada untuk percepatan mewujudkan satu data indonesia di Kota Gunungsitoli. Saya meminta BPS Kota Gunungsitoli untuk terus melakukan pembinaan statistik sektoral di Pemerintah Kota Gunungsitoli, dalam hal ini seluruh perangkat daerah, serta pembinaan statistik melalui Program Desa Cinta Statistik (Cantik) yang sudah berjalan tahun lalu agar diteruskan dan diperbanyak,”ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Subbagian Umum BPS Kota Gunungsitoli Elisa Dolianto P. Sipahutar, SE, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa FGD Penyusunan Publikasi Kota Gunungsitoli Dalam Angka 2022 ditujukan untuk menyediakan data yang dapat digunakan sebagai evaluasi dan perencanaan pembangunan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Adapun yang menjadi narasumber adalah Kepala BPS Kota Gunungsitoli Sabar Alberto Harianja, S.Si, MM dan mewakili Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli, Kabid Penelitian dan Pengembangan Ardiyansyah Tanjung, S.AP., MAP dan moderator Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Deslawati Zega, SH., M.Si , serta peserta adalah Kepala Perangkat Daerah atau yang mewakili, pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD.

Editor : Ibezanolo Zega



 
Berita Lainnya :
  • Pemko Gunungsitoli laksanakan penyusunan publikasi Kota Gunungsitoli bersama BPS
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved