Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Bengkalis, Senin (11/03/19), melaksanakan Sidang paripurna mengesahkan 16 program pem" />
 
DPRD Kabupaten Bengkalis Mengesahkan 16 Propemperda pada Sidang Paripurna 2019
SENIN, 11 Maret 2019 - 19:56:49 WIB

TERKAIT:
 
  • DPRD Kabupaten Bengkalis Mengesahkan 16 Propemperda pada Sidang Paripurna 2019
  •  

    SERGAPONLINE.COM, BENGKALIS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Bengkalis, Senin (11/03/19), melaksanakan Sidang paripurna mengesahkan 16 program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).

    Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Bengkalis Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis Riau, tahun 2019.

    Sidang yang dilaksanakan di aula sidang DPRD dan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan (Eet), dan diikuti oleh 27 anggota DPRD Kabupaten Bengkalis tersebut, sidang dimulai pukul 16.24 WIB,

    juga dihadiri oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah(Sekda) Bengkalis Bustami HY, serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

    Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan dalam sambutannya  menegaskan bahwa pengesahan 16 program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini merupakan bentuk komitmen DPRD Kabupaten Bengkalis dalam rangka mendukung program kerja Pemerintah
    Kabupaten Bengkalis.

    “Kita kerja keras dalam rangka memaksimalkan pelayanan yang sedang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Kami ingin dengan pengesahan Propemperda 2019 ini, landasan hukum dalam setiap kebijakan yang dilaksanakan Pemkab Bengkalis, bisa berjalan dengan semestinya”ungkap wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis.

    Seperti diketahui, Propemperda adalah instrumen perencanaan programpembentukan perda Provinsi dan perda Kabupaten/Kota yang disusun secara terencana, terpadu, dan sistematis.

    Melalui Propemperda ini diharapkan pembentukan peraturan daerah dapat terlaksana secara tertib, teratur, tersistimatis, tidak tumpang tindih dan memperhatikan skala prioritas dalam pembentukan peraturan daerah.

    Usulan  Propemperda Tahun 2019 ini, berdasarkan Surat Bupati Bengkalis Nomor 180/HK/2019/08 tanggal 7 Januari 2019. Program pembentukan Perda meliputi, Rencana tata ruang wilayah Kabupaten Bengkalis tahun 2019-2023.

    Untuk diketahui Propemperda tersebut merupakan instrumen perencanaan program pembentukan peraturan daerah yang dilakukan secara terencana, terpadu dan sistematis yang dilaksanakan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang disusun berdasarkan skala prioritas dan ditetapkan sebelum rancangan peraturan daerah tentang APBD yang disahkan.

    Terencana, terpadu dan sistematis dengan pengertian bahwa pembentukan peraturan daerah tersebut sudah menjadi niat atau rencana pemerintahan daerah yang dipadukan dalam wadah berupa propemperda dan menjadi sistematis yang ditentukan berdasarkan skala prioritas sehingga dengan perencanaan program yang matang antara lain dapat meminimalisir timbulnya rancangan peraturan daerah di luar propemperda kecuali dalam hal urgensi.

    Kemudian sidang dilanjut dengan pembahasan, pemekaran kelurahan dan desa se-Kabupaten Bengkalis, pembiayaan transportasi jamaah haji, perubahan Perda Nomor 4 Tahun 1994 Tentang Pembentukan PDAM Tirta Terubuk. Pemilihan Kepala Desa, Perlindungan perempuan dan anak.

    Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis. Penyertaan Modal Kepada PT Bumi Siak Busako dan Revisi RPJMD 2016-2021.

    Kemudian berdasarkan tanggal 11 Maret 2019, DPRD Bengkalis mengusulkan Ranperda Hak inisiatif, yakni Ranperda tentang Corperate Social Responsibility (CSR). Penyelenggaran Pendidikan.

    “Alhamdulillah, rapat paripurna ini kita laksanakan dengan baik. Semoga apa yang telah kita kerjakan mendapat ridho Allah SWT, menjadi amal ibadah bagi kita semua amin ya rabbal alamin,” ungkap Indra Gunawan Eet.

    Sementara itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin, diwakili Sekda Kabupaten Bengkalis Bustami. HY, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota DPRD Bengkalis yang telah mengesahkan Propemperda  Kabupaten Bengkalis Tahun 2019.

    “Rasa terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Bengkalis yang telah bekerja keras mendukung program Pemerintah Daerah, sehingga Propemperda ini bisa disahkan, Setelah pengesahan  Propemperda 2019 ini, kita akan terus berkoordinasi. Mudah-mudahan pada tahun ini seluruh usulan kita disahkan menjadi Perda,” ungkap Sekda Bengkalis.

    Sebagai data pendukung, untuk penetapan Propemperda ini, bahwa Ketentuan Pasal 32 Undang-Undang 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan menetapkan bahwa perencanaan penyusunan peraturan daerah dilakukan dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda),
    yang selanjutnya dalam ketentuan Pasal 10 huruf a Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah disebutkan dengan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).

    Daftar skala prioritas rancangan peraturan daerah yang dimuat dalam Propemperda sesuai dengan indikator yang diatur dalam ketentuan Pasal 35 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 dan ditetapkan berdasarkan
    Tampilkan kutipan teks pengesahan  Propemperda Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 ini. Dan sidang berakhir dengan ketuk palu oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan (EET) yang memimpin sidang, menandakan bahwa hasil sidang telah disahkan. (Advertorial DPRD Kabupaten Bengkalis/fa)



     
    Berita Lainnya :
  • DPRD Kabupaten Bengkalis Mengesahkan 16 Propemperda pada Sidang Paripurna 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved