Resmikan Dua Puskesmas,
Catur Sugeng : Ini Komitmen Pemerintah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
Jumat, 18 Maret 2022 - 18:48:50 WIB
Foto : Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH saat meresmikan UPT Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu dan Puskesmas UPT Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang. Kamis (17/3/2022)
TERKAIT:
   
 

SERGAPONLINE.COM KAMPAR - Sebagai mewujudkan visi dan misi Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar mulai mendirikan Dua Puskesmas.

Dimana dua Puskesmas yang selesai dibangun Pemda Kampar melalui Dinas Kesehatan tersebut adalah Puskesmas UPT Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu dan Puskesmas UPT Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang. Dua UPT Puskesmas tersebut diresmikan sekaligus langsung Bupati Kampar Catur Sugeng secara simbolis di Puskesmas UPT Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kamis (17/3/2022).

Sekain Bupati Kampar, dalam peresmian hadir juga langsung Kapolres Kapolres AKBP Rido Rolly Parsaoran Purba, SIK MH, Anggota DPRD Kampar Anatona Nazara, Staf Ahli Ir Bustan, Kadis Kominfo Yuricho Efril,S.STP, Camat Bangkinang Ganda Putra,S.STP, para Kepala Desa Se-Kecamatan Siak Hulu. dan kepala Desa Kubang Jaya. H Tarmizi HB.

Dalam arahannya, Catur Sugeng menyampaikan bahwa ditengah Pandemi Covid-19 dengan pengurangan anggaran mulai dari pusat. Akan tetapi dalam menangangani penyebaran covid dan pelaksanaan vakainasi. Allhamdulillah pemda Kampar masih bisa membangun infrastruktur khususnya pembangunan Puskemas Kubang Jaya dan Laboy Jaya. PT. Naga Sakti Kontruksi.

Selanjutnya, dengan membangun puskesmas yang lengkap adalah salah satu dasar upaya dalam peningkatan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat, dalam bidang kesehatan khsusunya untuk masyarakat yang berada di Kecamatan tersebut.

Untuk diketahui, Puskesmas yang dibangun saat ini tidak jauh beda dengan Rumah sakit lainnya. Sebab Puskesmas ini dilengkapkan dengan IGD, Ruang Rawat Inap, Dokter, Tenaga Madis, Tenaga Perawat serta dibuka dalam waktu 24 jam termasuk sabtu minggu.

Adapun sebelumnya, dalam peningkatan pelayanan kesehatan pemda kampar juga telah menjalankan program satu desa satu ambulan. Untuk program ambulan saat ini telah mencapai 80% dan akhir tahun 2022 insyaallah semua desa telah mendapatkan ambulan."terang Catur".

Selanjutnya, selain Puskesmas Kubang Jaya dan Laboy Jaya. Kedepan bagi, Puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Kampar khusus 5 Puskesmas akan direnovasi yakni Puskesmas yang ada Puskesmas Batu Bersurat XIII Koto Kampar, Puskesmas Kuok, Puskesmas Suka Ramai Talung Huku, Puskesmas Kota Garo Tapung dan Puskesmas Sungai Pagar Kampar Kiri Hilir.

Catur berharap, itu dengan telah didirikan pusat kesehatan kecamatan yang lengkap, kepada Kapus dan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas di Puskesmas agar bisa memanfaatkan semua fasilitas yang ada guna peningkatan pelayanan kepada seluruh masyarakat dengan beberapa frogram gratis tertentu.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Rahmad,S.KM,MKM dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan tersedianya pasilitas memrupakan faktor panunjang dalam meningkatkan profesional petugas kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sesuai dengan fungsinya, bahwa puskesmas merupakan garda terdepan atau  ujung tombak tempat dalam pelayanan kesehatan di pelosok desa.

Untuk dikatahui bersama, bahwa pembangunan Puskesmas Kubang Jaya dan Laboy Jaya dibagun dengan menggunakan  anggaran Dana Alokasi Khusus tahun 2021. Dimana untuk Puskesmas Kubang Jaya menggunakan anggaran sebesar Rp 4,528 miliar dan Laboy Jaya sebesar Rp 4,491 miliar.

Selain pembagunan dua puksesmas, tahun 2021 juga dilaksanakan program dengan menggunakan DA dalam perbaikan Intalasi Parmasi Kesehatan, Looratorium Daerah, serta pengadaan mobil Promosi Kesehatan Kabupaten Kampar.(ujarnya).

" dan saat awak media mewancarai kepala Puskesmas Kubang Jaya. Sri Ratnawiiis,  S.Tr  Keb,  M. Kes, mengatakan terkait masih banyak nya yang harus di siapkan tentang pasilitas perkarangan umum seperti parkir yang akan di benahi seperti papingblok untuk sarana yang lain, kemudian untuk ruang UGD udah siap bisa menerima pasien. ini buka 24 jam(ujarnya)

"dan tanggapan PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Rahmat. S.KM MKM, Menanangapi saat mewancarai oleh beberapa awak media atas kegiatan yang dilakukan oleh perangkat Puskesmas Kubang Jaya sudah maksimal Allhamdulillah tertib dan aman.kemudian tentang ada rencana untuk pembangunan Puskesmas yang berikutnya ada beberapa daerah yang akan kita bangun rehabilitasi rehab. Ada lima Puskesmas, yang pertama di batu besurat. suka ramai, kemudian di Kuok, dan bonai kota garo, kemudian terakhir, Sei pagar. anggaran yang akan digunakan yaitu DAK. Tahun 2022. Dan kenapa perencanaan nya sekarang mudah-mudahan akan secepatnya ini akan kita adakan lelang, mudah-mudahan setelah lebaran ini sudah mulai di kerjakan.(ujarnya)


Editor: Jasril Chaniago
Berita: Bupati Kampar



 
Berita Lainnya :
  • Catur Sugeng : Ini Komitmen Pemerintah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved