Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Festival Bakar Tongkang Tahun 2024
Minggu, 16-06-2024 - 05:12:48 WIB
Foto: Bupati Rohil pimpin Rapat
TERKAIT:
 
  • Bupati Rohil Pimpin Rapat Persiapan Festival Bakar Tongkang Tahun 2024
  •  

    SERGAPONLINE.COM ROHIL - Festival Bakar Tongkang yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya kembali akan digelar pada 22 Juni 2024. Untuk persiapan festival tersebut, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, S.IP, M.Si beserta jajarannya menggelar rapat persiapan dan pematangan pelaksanaan kegiatan Bakar Tongkang pada Senin (10/6/2024) di Mess Pemda, Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau.


    "Alhamdulillah pada malam ini, kita sudah melaksanakan rapat dengan seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan, pematangan kegiatan Festival Bakar Tongkang Tahun 2024. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, jadi kegiatan ini tidak lagi suatu yang baru karena Festival Bakar Tongkang sudah masuk agenda tahunan kalender wisata Nasional. Rapat malam ini juga dihadiri dari pihak Kemenpora, OPD terkait, Kepolisian, Kodim 0321, Genpari, LAM dan undangan lainnya. Insyaallah undangan kita juga sudah disebarkan termasuk juga ada ke Kementrian Seni Budaya Malaysia. Selain itu, terkait masalah keamanan dan buka tutup lalu lintas semua sudah diatur pihak Polres Rohil dan Dinas Perhubungan," terang Bupati.


    Afrizal Sintong dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk kegiatan Festival Bakar Tongkang kedepannya harus lebih matang lagi dalam persiapannya terutama masalah anggaran. Dispora Rohil diminta untuk menganggarkan segala sesuatunya seperti masalah anggaran makan minum, baju kegiatan Bakar Tongkang, sound sistem dan lainnya yang diperlukan jadi tidak lagi meminta kepada klenteng. "Saya berharap Kadispora benar-benar tampil maksimal dalam segala persiapan Festival Bakar Tongkang ini. Jadi, tahun ini anggaran sedikit, untuk tahun depan anggarannya harus benar-benar disiapkan, karena festival ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah masuk kalender wisata Nasional," ungkap Bupati.


    Bupati juga berharap agar ketertiban acara bakar tongkang ini diatur sebaik mungkin dan matang sehingga tidak terlihat semrawut pada saat acara puncak pembakaran tongkang di lokasi Bakar Tongkang. "Kita berharap semua pelaksanaan kegiatan Festival Bakar Tongkang ini dapat berjalan baik, lancar dan aman serta dapat memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri," harapnya.


    Sementara itu, Kabag. Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, S.H.,M.Si sebagai penanggung jawab keamanan pada Festival Bakar Tongkang dalam rapat menyampaikan bahwa pihaknya akan mengerahkan 230 personil Polres Rohil, Brimob 10 personil, Samapta Polda Riau 60 orang. Semua akan di sebar di setiap titik yang di anggap perlu. Pihak polres dalam rencana pengamanan dikatakan Kabag Ops, pihak Brimob dan Samapta Polres Rohil juga akan melakukan patroli di sekitaran Kota Bagansiapiapi sampai menuju Jalan Lintas Pesisir dan semua akan di sisir. Selain itu, untuk Satlantas Polres Rohil bersama Dinas Perhubungan juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di setiap simpang jalan di Bagansiapiapi.


    Sementara itu, masukan dari pihak DPRD yang disampaikan Basiran Nur Efendi, Ia mengharapkan pelaksanaan Bakar Tongkang harus terlaksana dengan baik sesuai esensi yang diharapkan dari Festival Bakar Tongkang itu sendiri. "Karena festival ini perlu diperhatikan terkait masalah UMKM dan pengunjung yang ingin melihat festival ini dapat diakomodir bersama-sama, baik pengunjung VIP maupun wisatawan serta warga tempat yang ingin menyaksikan Festival Bakar Tongkang ini," ujarnya.


    Sementara masukan dari Kepala Ranting PLN Bagansiapiapi, Muhammad Rizki mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan saluran teknis untuk acara bakar tongkang ini dengan menyediakan 2 fider atau dua penjulang. Sedangkan untuk titik-titik crossing yang akan dilalui arakan tongkang akan di rapikan.


    Sedangkan persiapan dari Diskominfotiks Rohil yang disampaikan oleh Kadis Kominfotiks, Indra Gunawan sudah menyiapkan Website terkait rumah makan dan hotel. Kemudian untuk billboard dan videotron sudah disiapkan dibeberapa titik diantaranya di Simpang Ujung Tanjung, depan Kantor LAM dan Dekranasda. Kemudian untuk pemasangan baliho ada sekitar 10 spanduk terkait kegiatan Bakar Tongkang.


    Hadir pada acara rapat Sekda Rohil Fauzi Efrizal, perwakilan Kemenpora, para Asisten Pemkab Rohil, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Para Kepala OPD, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Afrizal, Rohil Kapolsek Bangko, Kompol Ihut Manjalo Tua, Genpari, LAM Rohil serta tokoh masyarakat Tionghoa




     
    Berita Lainnya :
  • Terobosan Baru Pengelolaan Sampah, Indra Pomi Sekdako Pekanbaru Tinjau Lokasi Pembangunan TPST
  • Pemkab Trenggalek Sabet Juara 1 Lomba Vidio Kreatif Dalam Apkasi Otonomi Expo 2024
  • Polres Kuansing Gelar Sosialisasi Pencegahan Sejak Usia Dini
  • Melalui Peningkatan Nilai Kematangan Inovasi Daerah, BRIDA Pelalawan Berupaya Naikkan Nilai IID Tahun 2024
  • Pemko Pekanbaru Dukung Event Riau Bhayangkara Run 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Terobosan Baru Pengelolaan Sampah, Indra Pomi Sekdako Pekanbaru Tinjau Lokasi Pembangunan TPST
    02 Pemkab Trenggalek Sabet Juara 1 Lomba Vidio Kreatif Dalam Apkasi Otonomi Expo 2024
    03 Polres Kuansing Gelar Sosialisasi Pencegahan Sejak Usia Dini
    04 Melalui Peningkatan Nilai Kematangan Inovasi Daerah, BRIDA Pelalawan Berupaya Naikkan Nilai IID Tahun 2024
    05 Pemko Pekanbaru Dukung Event Riau Bhayangkara Run 2024
    06 Danrem 031/WB Dan Pj Gubernur Riau Kunjungi Lokasi Longsor Di Tembilahan Berikan Bantuan
    07 Rivan A Purwantono: AKHLAK Bukan Hanya Jargon, Tapi Telah Terinternalisasi Menjadi Kode Etik dan Tata Kelola Jasa Raharja
    08 Ground Breaking Polsek Menteng, Kapolda Metro Jaya: “Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat"
    09 Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro Raih Penghargaan Polisi Pelindung Perempuan dan Anak Hoegeng Awards 2024
    10 Polda Riau Adakan Press Conference Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Dan Happy Five Jaringan Internasional
    11 Kejati Riau Akmal Abbas SH MH Gelar Tabligh Akbar Bersama Tuan Guru Prof Abdul Somad
    12 Forum Komunikasi Lalu lintas (FKLL) Kembali Dilakukan untuk wilayah Jakarta Utara Dihadiri oleh Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama DKI Jakarta
    13 Pimpin Rapat Dinas, Karutan Evaluasi Kinerja Bulanan Pegawai
    14 Ini Lokasi Parkir Gratis Riau Bhayangkara Run 2024
    15 Polsek Limapuluh Adakan Rapat Koordinator Penguatan Kapasitas Pemilu
    16 Kajari Bengkalis Dr Sri Odit Megonondo SH M H Silaturahmi Dengan Puluhan Wartawan
    17 Pemko Pekanbaru Gelar Sosialisasi dan Bimtek Indeks Inovasi Daerah
    18 Rayakan Dua Tahun, Ini Pesan Menag Untuk MOOC Pintar
    19 Bupati Bengkalis Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kecamatan Rupat Utara, Camat Aulia Fikri Ucapakan Terima Kasih
    20 DPRD Riau Serahkan Pandangan Umum Fraksi Terhadap Rancangan Perda RPJPD Riau 2025 - 2045
    21 Kodim 0321 Rohil Laksanakan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika
    22 Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Mengadakan Penguatan Intelijen Sinergi Bersama Satintelkam Polres Dan Binda Kuansing
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com