Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tahun 2024
Minggu, 12-05-2024 - 14:52:04 WIB
TERKAIT:
 
  • Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tahun 2024
  •  

    SERGAPONLINE.COM ROHIL - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong membuka secara resmi bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Rohil tahun 1445 Hijriyah atau tahun 2024, Senin (6/5/2024) di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Rohil, Provinsi Riau. Kegiatan manasik haji Rohil diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan qalam Al-Qur'an oleh Qoriah Juara 1 MTQ tingkat Kabupaten Tahun 2024 tersebut dihadiri Plt. Kakankemenag Rohil H. Khairul, Wabup Rohil H. Sulaiman, Sekda Fauzi Efrizal, Ketua TP PKK Rohil, Sanimar, Ketua MKA LAM Rohil Datuk Sri Nasrudin Hasan, Forkopimda atau yang mewakili, Komisioner BAZNAS Rohil, Ketua DWP, Kepala OPD, Badan, dan Kantor di Lingkungan Pemkab Rohil serta 282 CJH Rohil Tahun 2024 yang mengikuti kegiatan manasik haji.


    Panitia kegiatan manasik haji dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah Rohil, Rinawati dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Rohil Nomor 341 Tanggal 8 April 2024 tentang penetapan panitia penyelenggara manasik haji tahun anggaran 2024.


    Dikatakan Rinawati bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan manasik haji ini untuk memberikan pengetahuan yang lebih tentang tata cara pelaksanaan haji dan hikmah ibadah haji bagi CJH, serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan dalam menghadapi perjalanan yang suci. Sedangkan untuk keberangkatan CJH Rohil menuju Kota Batam dijadwalkan pada Tanggal 25 Mei 2024 dan dari Batam menuju Jeddah pada Tanggal 26 Mei 2024.


    Adapun jumlah CJH Rohil Tahun 2024 sebanyak 282 orang yang sudah positif berangkat dan 13 orang merupakan cadangan, jadi totalnya 295 orang. "Kegiatan manasik haji ini akan dilaksanakan mulai tanggal 5 Mei sampai 8 Mei 2024 di Gedung Misran Rais untuk penyampaian materinya, sedangkan prakteknya di Masjid Agung Al-Ikhlas, jadi berlangsung selama empat hari," kata Rinawati.


    Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat melaksanakan manasik haji bagi CJH Rohil Tahun 2024. Dikatakannya bahwa untuk CJH Rohil ada diberikan uang saku dari Pemkab Rohil sebesar 150 Real atau sekitar Rp 700 ribu ditambah uang pegangan dari pengurus haji sebesar Rp 3 juta lebih yang akan dibagikan ketika CJH sampai di Batam. "Kami atas nama Pemerintah daerah mengucapkan selamat melaksanakan manasik haji bagi CJH Rohil Tahun 2024, semoga CJH kita semuanya sehat. Untuk pelaksanaan manasik haji mulai 5 Mei-8 Mei," ujarnya.


    Lanjutnya, "Nanti Calon Jamaah Haji kita akan di beri uang saku sekitar 150 Real atau sekitar Rp 700 ribu dari Pemkab Rohil dan untuk keberangkatan dari Batam menuju Jeddah pada Tanggal 26 Mei sedangkan untuk keberangkatan dari Rohil yang tadinya dijadwalkan berangkat Tanggal 25 Mei, kalau bisa dimajukan menjadi Tanggal 24 Mei Tahun 2024 dikarenakan waktu yang begitu sempit bagi CJH Rohil dalam mempersiapkan keberangkatan dan butuh istirahat sebelum diberangkatkan menuju Jeddah," terangnya.


    Bupati berharap keberangkatan CJH Tanggal 24 Mei nanti dari Dumai menggunakan kapal laut dan diperkirakan perjalanan sekitar 8 jam sehingga CJH dapat beristirahat di Batam satu malam. Jadi kalau berangkatnya tanggal 25 dari Batam, CJH kita tidak ada istirahat.


    Untuk acara pelepasan CJH Rohil dikatakan Bupati ada tiga titik diantaranya dari Masjid Agung Al-Ikhlas Bagansiapiapi, dari Masjid Nur Afandi Ujung Tanjung dan dari Kecamatan Bagan Sinembah menggunakan bus menuju Dumai. Dan untuk acara pelepasan CJH Rohil secara global dilaksakan di Batam ketika hendak berangkat menuju Jeddah. "Saya juga berharap agar CJH Rohil dapat menjaga kesehatan, semoga keberangkatan CJH Rohil dapat selamat sampai tujuan dan kembali dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur nantinya," harapnya.


    Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Rohil, H. Khairul menyampaikan bahwa untuk panitia pelaksanaan kegiatan manasik haji itu dilaksanakan oleh Bagian Kesra Sekdakab Rohil di mana kegiatan manasik haji tahun ini diikuti 282 orang dengan rincian 280 peserta JCH dan 2 orang pengurus haji daerah atau PHD serta ada 13 orang cadangan




     
    Berita Lainnya :
  • Ketua Umum PJI: Dewan Pers Harus Gerakkan Pers Nasional Lawan RUU Penyiaran
  • Lapas Pekanbaru Gelar Giat Jalan Santai, Kalapas : Tingkatkan Kebugaran Dan Kekompakan Antar Petugas
  • Jasa Raharja Jakarta Selatan Gelar Giat Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas
  • BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Lancar
  • Pj Gubri SF Hariyanto Ajak Warga Riau di Perantauan Ikut Membangun Kampung Halaman
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Ketua Umum PJI: Dewan Pers Harus Gerakkan Pers Nasional Lawan RUU Penyiaran
    02 Lapas Pekanbaru Gelar Giat Jalan Santai, Kalapas : Tingkatkan Kebugaran Dan Kekompakan Antar Petugas
    03 Jasa Raharja Jakarta Selatan Gelar Giat Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas
    04 BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Lancar
    05 Pj Gubri SF Hariyanto Ajak Warga Riau di Perantauan Ikut Membangun Kampung Halaman
    06
    07
    08
    09 Kapolres Kuansing Tinjau Proses Pembangunan Aspol Rumdin Polsek Kuantan Hilir
    10 Mewakili Bupati Bengkalis, Kadis PUPR Ajak Investor Cina Tinjau Lokasi Pembangunan Jembatan
    11 Pj Gubri Bersama BI Launching GNPIP Wilayah Sumatera
    12 Putera Pejuang Penerus Bangsa Riau Apresiasi Kejati Riau Atas Pemberantasan Korupsi Di Sekretariat DPRD Riau
    13 Selamat, Roni Rakhmat Ditunjuk Sebagai Plt Kepala Disdik Riau
    14 Sekda Bengkalis Dampingi Pj Gubernur Riau Sambut Investor Untuk Pembangunan Jembatan
    15 Pj Bupati Kampar Dukung Rencana Kerjasama Katenagakerjaan dengan Korea Selatan
    16 Penahanan 1 Orang Tersangka Dugaan Tipikor Dana Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit Seluas 500 Ha Milik Pemda Kuansing
    17 Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Bintan tahun 2023
    18 Polsek Perhentian Raja, Obok-obok Rumah Pengedar Narkoba di Kampung Pinang
    19 Tim Jum'at Curhat Polresta Pekanbaru Gelar Jum'at Curhat Di Wilayah Hukum Polsek Senapelan
    20 Asisten I Pimpin Rapat Persiapan Keberangkatan CJH Rohil Tahun 2024
    21 Kabar Duka Menyelimuti Keluarga Besar Rutan Cipinang Atas Wafatnya Bapak Dr Hendra Ekaputra KaKanwil Kemenkumham Kalteng
    22 Cepat Tanggap Kepedulian Polda Riau Meneduhkan Korban Bencana Galodo Sumbar, Kapolres Ucapkan Terima Kasih
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com