Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Paripurna Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2022 Digelar DPRD Kabupaten Malang
Rabu, 07-06-2023 - 19:11:01 WIB
TERKAIT:
 
  • Paripurna Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2022 Digelar DPRD Kabupaten Malang
  •  

    SERGAPONLINE.COM JAKARTA - Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Malang, hari ini telah dilaksanakan rapat paripurna Terhadap Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2022, Rabu (07/06/2023).



    Rapat tersebut dihadiri Oleh Bupati Malang (Drs. H.M. Sanusi, M.M.) Wakil Bupati Malang (Drs. H. Didik Gatot Subroto, SH., MH.), Ketua DPRD Kabupaten Malang (Darmadi. S. Sos), Forkopimda, Pejabat Pemerintah Kabupaten Malang beserta para tamu undangan lainnya


    Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tersebut, dalam rangka memenuhi salah satu tugas Kepala Daerah sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2015, dimana disebutkan dalam Pasal 65 Ayat (1) huruf d, bahwa “Kepala Daerah bertugas menyusun dan mengajukan rancangan Peraturan Daerah tentang APBD, Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan APBD, dan rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk dibahas bersama”.


    Disamping itu juga untuk memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 194 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Bab VIII dimana “Bupati menyampaikan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan paling lambat 6 (enam) bulan setelah Tahun Anggaran berakhir”.


    Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tersebut memuat laporan keuangan yang meliputi Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Operasional, Neraca, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, Catatan atas Laporan Keuangan, dan Laporan Kinerja yang telah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan.


    Dalam rangka mewujudkan dan merealisasikan Rencana Kerja Pembangunan Daerah tersebut, kami harapkan Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya mengoptimalkan program-program yang efektif dan tepat sasaran dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pemanfaatan anggaran yang efisien. Oleh karena itu perencanaan anggaran Kabupaten Malang dalam mencapai sasaran Pembangunan Daerah tersebut harus menerapkan prinsip Efisiensi, Efektifitas, Transpa ransi, akuntabilitas dan partisipasi serta terukur.


    Mencermati apa yang telah disampaikan Saudara Bupati, pada Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2022, beberapa hal yang perlu kami sampaikan antara lain:
    1. Pada penyampaian Saudara Bupati bahwa Sisi Pendapatan Daerah terealisasi sebesar 94,42%. Antara lain terdiri dari:
    a. Pendapatan Asli Daerah terealisasi sebesar 763 Miliar 117 Juta 874 Ribu 61 Rupiah 91 Sen atau sebesar 77,63 %, Pajak Daerah dengan realisasi sebesar 402 Miliar 323 Juta 551 Ribu 146 Rupiah atau 95,91%.
    b. Retribusi Daerah terealisasi sebesar 34 Miliar 668 Juta 963 Ribu 79 Rupiah atau 29,38% dari target sebesar 117 Miliar 983 Juta 736 Ribu 162 Rupiah, ini perlu penjelasan apakah target yang ditetapkan terlalu tinggi sehingga capaian sangat jauh dari harapan atau memang ada kendala lain.


    c. Pendapatan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan realisasi sebesar 23 Miliar 505 Juta 888 Ribu 225 Rupiah 95 Sen atau 50,83% dari target sebesar 46 Miliar 243 Juta 607 Ribu 975 Rupiah. Penyumbang Pendapatan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan adalah dari PDAM Tirta Kanjuruhan sebesar 10 Miliar 288 Juta 945 Ribu 187 Rupiah dan dari Penyertaan Modal di PT. Bank Jatim sebesar 13 Miliar 216 Juta 943 Ribu 38 Rupiah 95 Sen.  Dalam hal ini bisa dilihat bahwa Pengelolaan BUMD yang belum maksimal, karena dari 4 (empat) BUMD milik Pemerintah Kabupaten Malang, baru PDAM yang memberikan kontribusi terhadap PAD, sedangkan salah satu tujuan dibentuknya BUMD adalah untuk memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi daerah dan memperoleh laba atau keuntungan bagi daerah yang dengan keuntungan tersebut dapat memberikan pendapatan bagi daerah, sehingga perlu adanya ketegasan Bapak Bupati dalam menindaklanjuti dan menentukan atas keberadaan 3 (tiga) BUMD tersebut, karena berdasarkan ketentuan pasal 2 ayat (1), bahwa Kepala Daerah adalah pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah dan mewakili pemerintah dalam kepemilikan kekayaan daerah yang dipisahkan. Untuk itu Penyertaan modal yang tidak berkontribusi terhadap Pendapatan Daerah perlu dievaluasi dengan serius kepada 3 (tiga) BUMD, yakni kepada Perumda Jasa Yasa, PT BPR Artha Kanjuruhan, serta PT Kigumas;.


    d. Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah dengan realisasi sebesar 302 Miliar 619 Juta 511 Ribu 610 Rupiah 96 Sen atau 75,79%
    e. Penerimaan dari Pendapatan Transfer dengan realisasi sebesar 2 Triliun 947 Miliar 583 Juta 745 Ribu 285 Rupiah atau 99,93%.
    f. Penerimaan dari lain-lain Pendapatan Daerah yang sah dengan realisasi sebesar 308 Miliar 252 Juta 104 Ribu 774 Rupiah 60 Sen atau 95,25%.


    2. Penyisihan piutang tidak tertagih yang masuk dalam kategori macet dari pajak, retribusi, piutang PT. Kigumas, Piutang lain-lain PAD yang sah, piutang lain-lain sebagaimana yang tertera dalam neraca daerah 31 Desember 2022 sebesar 36 Miliar 410 Juta 564 Ribu 910 Rupiah.


    3. Piutang dana bergulir dan penyisihan dana bergulir UMKM pada neraca 31 Desember 2022 dimana terdapat piutang macet Dana bergulir UMKM tahun 2010 sampai dengan tahun 2017 dan dana bergulir Pokja sebesar 1 Miliar 915 Juta 66 Ribu 431 Rupiah 31 Sen. Dalam hal ini agar ditindaklanjuti sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tidak membebani neraca keuangan daerah.


    "Kita sebagai warga masyarakat Kabupaten Malang tentunya sangat bersyukur atas diraihnya penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Malang untuk yang kesembilan kalinya secara berturut-turut. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak atas peran serta dalam mewujudkannya.
    Semoga apa yang telah kita capai senantiasa menjadi penyemangat dan pendorong untuk mempertahankan dengan memberikan pelayanan dan pengabdian yang semakin baik bagi masyarakat Kabupaten Malang, dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat, sehingga opini tersebut tidak hanya berdampak pada sisi administratif saja tetapi juga pada sisi sosial dan ekonomi masyarakat yang nyata, " terang Ir. Sudjono, MP. selaku juru bicara DPRD Kabupaten Malang.(Team)




     
    Berita Lainnya :
  • Ketua Umum PJI: Dewan Pers Harus Gerakkan Pers Nasional Lawan RUU Penyiaran
  • Lapas Pekanbaru Gelar Giat Jalan Santai, Kalapas : Tingkatkan Kebugaran Dan Kekompakan Antar Petugas
  • Jasa Raharja Jakarta Selatan Gelar Giat Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas
  • BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Lancar
  • Pj Gubri SF Hariyanto Ajak Warga Riau di Perantauan Ikut Membangun Kampung Halaman
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Ketua Umum PJI: Dewan Pers Harus Gerakkan Pers Nasional Lawan RUU Penyiaran
    02 Lapas Pekanbaru Gelar Giat Jalan Santai, Kalapas : Tingkatkan Kebugaran Dan Kekompakan Antar Petugas
    03 Jasa Raharja Jakarta Selatan Gelar Giat Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas
    04 BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Lancar
    05 Pj Gubri SF Hariyanto Ajak Warga Riau di Perantauan Ikut Membangun Kampung Halaman
    06
    07
    08
    09 Kapolres Kuansing Tinjau Proses Pembangunan Aspol Rumdin Polsek Kuantan Hilir
    10 Mewakili Bupati Bengkalis, Kadis PUPR Ajak Investor Cina Tinjau Lokasi Pembangunan Jembatan
    11 Pj Gubri Bersama BI Launching GNPIP Wilayah Sumatera
    12 Putera Pejuang Penerus Bangsa Riau Apresiasi Kejati Riau Atas Pemberantasan Korupsi Di Sekretariat DPRD Riau
    13 Selamat, Roni Rakhmat Ditunjuk Sebagai Plt Kepala Disdik Riau
    14 Sekda Bengkalis Dampingi Pj Gubernur Riau Sambut Investor Untuk Pembangunan Jembatan
    15 Pj Bupati Kampar Dukung Rencana Kerjasama Katenagakerjaan dengan Korea Selatan
    16 Penahanan 1 Orang Tersangka Dugaan Tipikor Dana Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit Seluas 500 Ha Milik Pemda Kuansing
    17 Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Bintan tahun 2023
    18 Polsek Perhentian Raja, Obok-obok Rumah Pengedar Narkoba di Kampung Pinang
    19 Tim Jum'at Curhat Polresta Pekanbaru Gelar Jum'at Curhat Di Wilayah Hukum Polsek Senapelan
    20 Asisten I Pimpin Rapat Persiapan Keberangkatan CJH Rohil Tahun 2024
    21 Kabar Duka Menyelimuti Keluarga Besar Rutan Cipinang Atas Wafatnya Bapak Dr Hendra Ekaputra KaKanwil Kemenkumham Kalteng
    22 Cepat Tanggap Kepedulian Polda Riau Meneduhkan Korban Bencana Galodo Sumbar, Kapolres Ucapkan Terima Kasih
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com