Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Pameran Otomotive Elektrick Vehicle Logistics & Mining Solution
Rabu, 24-05-2023 - 12:27:44 WIB
TERKAIT:
 
  • Pameran Otomotive Elektrick Vehicle Logistics & Mining Solution
  •  

    SERGAPONLINE.COM JAKARTA - Sejumlah fasilitas digelontorkan pemerintah untuk menstimulasi kegiatan usaha di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono mengungkapkan, serangkaian insentif ini merupakan yang terbaik di Indonesia.


    “Ada serangkaian super tax insentif dalam bentuk pengurangan pajak penghasilan, pembebasan bea masuk import, dan pengurangan pajak untuk kegiatan R&D,” katanya dalam acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara, yang digelar di Ciputra Artpreneur, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan (23/5/2023).


    Semua fasiltas itu akan dilayani dalam mekanisme perizinan OSS plus yang terintegrasi. Berdasarkan serangkaian kebijakan tersebut, usaha di IKN akan disokong dengan super tax deduction, tax holday, dan pembebasan bea masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI).


    Dengan kemudahan tersebut Otorita IKN berharap pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berjalan cepat dan berkelanjutan hingga 2045.


    Dalam kurun waktu tersebut IKN akan diwujudkan sebagai kota futuristik yang menjanjikan prospek bisnis berkelas global. Seperti diketahui, hanya 20% dari total anggaran IKN yang akan dibiayai oleh APBN. Sisanya adalah partisipasi swasta meliputi investasi langsung, public-private partnership, pembiayaan kreatif seperti crowd funding ataupun carbon trading, filantropi, dan lain sebagainya.


    Pemerintah hanya membangun fasilitas vital yang dapat memicu multiplier effect. Saat ini jalan tol IKN-Balikpapan sedang dikerjakan, yang nantinya akan memperpendek waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi sekitar 30-40 menit.


    Selain itu bendungan Sepaku - Semoi telah rampung dan siap menyuplai air baku ke IKN. Di kawasan inti pusat pemerintahan IKN, jalan-jalan akses terus dikerjakan, dan sebagian bahkan telah mulai dipergunakan saat ini untuk pengangkutan logistik pembangunan.


    Sementara itu berbagai gedung vital masih berjalan, seperti Istana Presiden dan kantor bersama kementerian koordinator, serta perumahan pejabat negara.


    “Pada tahap pertama, ada sekitar 300 paket investasi yang siap ditawarkan pada para investor, termasuk penyediaan sarana dan prasarana di bidang perumahan, transportasi, dan energi,” imbuh Bambang.


    Investasi ini, lanjutnya, tidak terbatas hanya pada proyek pendirian infrastruktur/bangunan atau hardware, tetapi juga meliputi investasi di bidang software, atau penyediaan perangkat lunak bagi kota pintar. Investor juga dapat berinvestasi sebagai pengembang kawasan (area developer) dan mengelola kawasan tertentu, seperti kawasan pariwisata atau financial center.


    Dalam konteks ini, berbagai insentif diberikan oleh tiga instansi pemerintah sesuai kewenangannya. Fasilitas fiskal, seperti pembebasan dan keringanan pajak dan fasilitas kepabeanan diberikan oleh Pemerintah Pusat.


    Sedangkan Otorita IKN memberikan fasilitas penyediaan lahan, sarana prasarana, dan asistensi bagi pelaku usaha. Sementara itu fasilitas penanaman modal diberikan oleh Kementerian Keuangan.


    Dalam hal pajak, terdapat sembilan insentif PPh yang diberikan bagi investor yang telah diatur dalam PP 12/2023. Di antaranya Pengurangan PPh badan bagi wajib pajak badan dalam negeri, pengurangan PPh atas kegiatan sektor keuangan di financial center, dan pengurangan PPh badan atas pendirian dan/atau pemindahan kantor pusat dan kantor regional.


    Selain itu ada pengurangan pajak penghasilan bruto atas kegiatan tertentu seperti penelitian dan pengembangan bidang tertentu, biaya pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Bagi UMKM, pemerintah menggratiskan PPh Pasal 21 dan penghasilan bruto usaha tertentu. Selain itu ada pengurangan pajak penghasilan atas pengalihan hak atas tanah dan bangunan.


    Saat ini sejumlah peraturan turunan kini tengah disusun sesuai dengan amanat PP 12/2023. Namun demikian semua kegiatan tersebut tetap harus memenuhi persyaratan dasar perizinan berusaha. Pengecualian diberikan kepada kepemilikan saham asing dan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), wajib melaksanakan persyaratan kemitraan dengan UMKM dan Koperasi.


    Untuk lokasi di IKN pemerintah akan memberi jaminan kepastian jangka waktu Hak Atas Tanah yang lebih kompetititif sesuai perjanjian dengan Otorita IKN. Untuk Hak Guna Usaha akan diberikan paling lama 35+25+35 tahun,


    HGB paling lama 30+20+30 tahun, dan Hak Pakai paling lama 30+20+30 tahun.


    Hak atas tanah tersebut dapat diberikan lagi pada siklus kedua dengan evaluasi sebelum jangka waktu berakhir.Bagi hunian masyarakat, status tanah


    HGB dapat ditingkatkan menjadi Hak Milik.


    Sejauh ini rangsangan pemerintah telah diterima baik oleh dunia usaha. Sampai Mei 2023, IKN telah menerima sekitar 220 Letters of Intent (LoI) dari dunia usaha yang siap berinvestasi di IKN, termasuk 24 LoI yang diterima saat Presiden Jokowi melakukan lobi-lobi di Hiroshima, Jepang, beberapa waktu lalu. Dari sekian LoI tersebut, 34 di antaranya telah menanda-tangani non-disclosure agreement dengan Pemerintah, dan siap berproses lebih lanjut.


    Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid menyambut gembira fasilitas yang diberikan pemerintah ini. “Dengan adanya PP 12 th 2023 ini diharapkab dapat membantu menurunkan barrier to entry bagi pelaku usaha di Indonesia,” katanya.


    Ia menambahkan, berbagai fasilitas yang dijanjikan ini dapat memberikan peluang untuk mengeksplor peluang-peluang bisnis baru bagi pelaku usaha di Indonesia. “Ini memudahkan pelaku usaha dalam negeri bersaing secara langsung pada taraf persaingan global, terutama dalam aspek sustainability,” pungkasnya.


    Editor: Jamee




     
    Berita Lainnya :
  • Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan
  • Melalui Dinsos, Pemkab Bengkalis Serahkan Bantuan Kepada Korban Rumah Kebakaran
  • Aswas Kejati Riau Dampangi Inspektur I Jamwas Kejagung RI Melakukan Inspeksi Umum Di Kejaksaan Negeri Pelalawan
  • Polsek Singingi Mengungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu 5,24 Gram
  • Bupati Kasmarni Sambut Baik, Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas Untuk Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan
    02 Melalui Dinsos, Pemkab Bengkalis Serahkan Bantuan Kepada Korban Rumah Kebakaran
    03 Aswas Kejati Riau Dampangi Inspektur I Jamwas Kejagung RI Melakukan Inspeksi Umum Di Kejaksaan Negeri Pelalawan
    04 Polsek Singingi Mengungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu 5,24 Gram
    05 Bupati Kasmarni Sambut Baik, Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
    06 Polda Riau Mengadakan Lomba Karya Tulis 2.676 (LKJ) Coling System Polda Riau Siap di Nilai
    07 Kementerian PANRB Perkenalkan Wajah Baru e-SAKIP Reviu
    08 Kunjungan Kapolres Kuansing Pasca Rapat Pleno Perhitungan Suara Pemilu 2024 di PPK Hulu Kuantan
    09 Staf Ahli Bupati Kampar Hadiri Purna Tugas Gubernur Riau Edy Natar
    10 Kampar Ikut Serta Dalam Program Penanaman Seribu Pohon TNI AD
    11 Jasa Raharja Implementasikan ESG Dalam Upaya Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas
    12 Wakili Bupati Kasmarni, Andris Wasono Menyambut Baik dan Apresiasi Penanaman Pohon Mangrove di Kecamatan Bantan
    13 Kunjungan Kapolres Kuansing Ke PPK Kecamatan Kuantan Hilir
    14 Wakili Bupati Kasmarni, Dr Ersan Saputra TH Hadiri Acara Silaturahmi Pelepasan Tugas Gubernur Riau
    15 Asisten III Pemkab Rohil Buka Kegiatan Musrenbang di Kecamatan Pekaitan
    16 Presiden Jokowi Terbitkan Perpres Publisher Rights untuk Jurnalisme Berkualitas
    17 Wujudkan Komitmen Akuntabilitas, Lapas Pekanbaru Ikuti Penyusunan Sakip Tahun 2024
    18 Polsek Senapelan Ringkus 4 Komplotan Pencuri Pagar Besi Usai Beraksi 8 Kali
    19 Paparkan Program Prioritas Tahun 2025, Ini Ungkap Kadis Komimfo Bengkalis
    20 Tingkatkan Sinergitas, Komandan Denpom I/3 Pekanbaru Silaturahmi Dengan Pj Walikota
    21 Mendagri Tito Karnavian Tunjuk Sekdaprov SF Haryanto Jabat Plh Gubernur Riau
    22 PW - IWSS Provinsi Riau Mengadakan Kunjungan Ke LPKA Kelas II A Kota Pekanbaru, 'Momentum Isra' Mi'raj'
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com