Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Kemenkum dan ham Riau Teken Kerjasama Bantuan Hukum Senilai Rp1,2 Milyar, Masyarakat Diharap Manfaatkan Layanan Gratis Ini
Jumat, 20-01-2023 - 13:09:04 WIB
Photo: Kakanwil Kemenkum dan HAM Riau Mhd Jahari Sitepu dan Jajaran Kemenkum dan HAM Riau
TERKAIT:
 
  • Kemenkum dan ham Riau Teken Kerjasama Bantuan Hukum Senilai Rp1,2 Milyar, Masyarakat Diharap Manfaatkan Layanan Gratis Ini
  •  

    SERGAPONLINE.COM PEKANBARU - Bantuan Hukum Merupakan Amanah Dari Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, dimana orang miskin atau kelompok orang miskin berhak mendapatkan akses keadilan yang sama di dalam hukum. Dalam hal ini, negara bertanggungjawab terhadap pemberian bantuan hukum sebagai perwujudan akses terhadap keadilan.


    Maka dari itu, Kementerian Hukum dan HAM menjadi dan memenuhi hak bagi penerima bantuan hukum mendapatkan akses keadilan, mewujudkan hak konstitusional serta menjamin kepastian hukum bagi orang miskin atau kelompok orang miskin.


    Pada Kamis (19/1), dilaksanakan penandatangan kerjasama pelaksanaan Bantuan Hukum Tingkat Daerah yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu, dengan dihadiri oleh para Kepala Divisi dan jajaran divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Bertempat di Ruang Serbaguna Ismail Saleh, Kakanwil menyatakan kepada 14 Pemberi Bantuan Hukum (PBH) yang lulus verifikasi dan terakrediksi untuk dapat melakukan bantuan hukum secara maksimal.


    “Berikan promosi pelaksanaan bantuan hukum dengan pelayanan yang terbaik. Penyerapan anggaran bantuan hukum litigasi dan non litigasi harus dapat dipertanggungjawabkan,” pesannya.


    Beliau juga menginformasikan bahwa di Tahun 2024 ini Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM akan melakukan penjaringan dan pengidentifikasi Calon Pemberi Batuan Hukum serta Verifikasi Pemberi Bantuan Hukum Periode 2025 sampai dengan 2027.


    “Jadi diharapkan agar para Organisasi Bantuan Hukum yang sudah terverifikasi dan akreditasi Tahun 2022 – 2024 untuk mempersiapkan diri untuk verifikasi tahun 2025 – 2027 dan saya juga menghimbau agar informasi ini bisa disosialisasikan secara maksimal ke seluruh kabupaten/kota sehingga kedepannya seluruh kabupaten/kota memilki Organisasi Bantuan Hukum yang terverifikasi dan terkareditasi secara merata terutama pada Kabupaten Teluk Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kepulauan Meranti sampai saat ini belum ada Lembaga Bantuan Hukum yang lulus verifikasi dan terakreditasi khususnya untuk melakukan mendampingan kepada orang/kelompok orang miskin,” sebut Kakanwil.


    Kanwil Kemenkumham Riau menggelontorkan Rp1,25 milyar anggarannya untuk kerjasama bantuan hukum ini. Diharapkan masyarakat memanfaatkan fasilitas cuma-cuma yang disediakan negara. "Masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum dapat menghubungi keempat belas PBH tersebut. Tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis," kata kakanwil. Keempat belas Pemberi Bantuan Hukum tersebut tersebar di berbagai kabupaten kota di Riau, diantaranya adalah Perkumpulan LBH Ananda (Rokan Hilir); Perkumpulan LBH Mahatva (Rokan Hilir); Pusat Advokasi Hukum dan HAM Indonesia (Pekanbaru); LBH Tuah Negeri Nusantara (Pekanbaru); Yayasan LBHI Lembaga Bantuan Hukum (Pekanbaru); Yayasan Riau Sejahtera; Yayasan LBH Sahabat Keadilan (Rokan Hulu); LBH Fakultas Hukum Univ. Lancang Kuning (Pekanbaru); Yayasan LBHI Batas Indragiri (Rengat); LBH Keadilan Negeri Junjungan (Bengkalis); Forum Masyarakat Madani Indonesia (Kampar); Pos Bantuan Hukum Indonesia (Siak); Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Pelalawan); dan Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Dumai).


    Editor: Jasril Chaniago




     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Pelalawan Hadiri Kegiatan Wirid Yasin Akbar
  • Polres Kuansing, Menggelar Menampung Keluh Kesah dan Menjalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat
  • Kunker DPR RI dan BNPB, Bupati Rohul Harap Dapat Membantu Pembangunan Daerah Terdampak Bencana
  • Jumat Curhat Kapolres Pelalawan Bersama Pengurus Majelis Kemajuan Pelalawan Dan Tokoh Masyarakat
  • Gubri Tinjau Pabrik Es Balok dan Serahkan Bantuan 300 Ribu Benur Udang Vaname di Dumai
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Bupati Pelalawan Hadiri Kegiatan Wirid Yasin Akbar
    02 Polres Kuansing, Menggelar Menampung Keluh Kesah dan Menjalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat
    03 Kunker DPR RI dan BNPB, Bupati Rohul Harap Dapat Membantu Pembangunan Daerah Terdampak Bencana
    04 Jumat Curhat Kapolres Pelalawan Bersama Pengurus Majelis Kemajuan Pelalawan Dan Tokoh Masyarakat
    05 Gubri Tinjau Pabrik Es Balok dan Serahkan Bantuan 300 Ribu Benur Udang Vaname di Dumai
    06 Gubernur Ansar Terima Audiensi SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Kepri
    07 Minim Perhatian, TAF Minta Pemko Bantu Kelompok Tani untuk Pemulihan Ekonomi
    08 DR. (c) Zecky Alatas SH MH Hadiri Sosialisasi Bawaslu DKI Jakarta
    09 Kapolres Rohul, Jadi Inspektur Upacara Pada Pelaksanaan LT III Pramuka Penggalang se - Kwartir Cabang Rohul Tahun 2023
    10 Pemko Resmikan Program Subsidi Bunga Pinjaman Bagi 1111 UMKM
    11 Polres Inhil Polda Riau,Mendengar Curhatan Lurah Tembilahan Hilir dan RT
    12
    13
    14 Subuh Harmoni Polres Pelalawan Wujudkan Sinergi Dengan Tokoh Agama Dan Masyarakat
    15 3 Pelaku Narkoba Ringkus Polsek Perhentian Raja, Salah Satu Pelaku DPO Kasus yang Sama
    16 Ada 190 Lebih Titik Jalan Rusak di Pekanbaru, PUPR: Sebagian Besar Butuh Overlay
    17 Kembangkan Sektor Perikanan Kamsol Sambangi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI
    18 Gubri Syamsuar dan M Adil Kompak Potong Tumpeng Bersama
    19
    20
    21
    22 Rivan Purwantono: Tim Pembina SAMSAT Nasional Bahas Roadmap Implementasi Penghapusan Data Ranmor Bagi Penunggak Pajak
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com