Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Wagubri Sampaikan Tujuan Ranperda Tentang RPPLH 2022-2051
Kamis, 24-11-2022 - 17:21:50 WIB
Foto: Rapat Paripurna
TERKAIT:
 
  • Wagubri Sampaikan Tujuan Ranperda Tentang RPPLH 2022-2051
  •  

    SERGAPONLINE.COM PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menyampaikan tujuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLH) tahun 2022-2051.


    Hal tersebut disampaikannya saat melakukan rapat paripurna bersama DPRD Provinsi Riau, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau, Kota Pekanbaru, Kamis (24/11/2022).


    Wagubri katakan, rancangan peraturan tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang daerah Provinsi Riau yang mengedepankan pembangunan yang berkelanjutan.


    “Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan proses pembangunan daerah sehingga mengedepankan prinsip pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.


    Ia jelaskan, saat ini merupakan periode lima tahunan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau. Ia tambahkan, visi pembangunan Provinsi Riau pada RPJMD 2019 - 2024 adalah terwujudnya Riau berdaya saing, sejahtera, bermartabat, dan unggul di Indonesia atau disingkat dengan Riau Bersatu.


    “Terase berdaya saing yang dimaksud adalah kondisi kemampuan daerah yang mapan didukung pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dan sumber daya manusia yang handal, dan lingkungan hidup lestari yang menuntut komitmen semua pihak. Untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam penyelamatan sumber daya alam dan perbaikan kualitas lingkungan hidup,” jelasnya.


    Wagubri melanjuti, salah satu amanah undang-undang nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bahwa Gubernur Riau sesuai dengan kewenangannya telah melakukan penyusunan rencana perlindungan dan pengelolaan hutan melalui pengelolaan lingkungan hidup.


    Editor: Jasril


    “Selanjutnya rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut diatur dengan peraturan daerah Provinsi Riau,” tambahnya.


    Menurutnya, rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau yang singkat RPPLH ini merupakan bagian dan kerangka perencanaan pembangunan memiliki fungsi penting. Yaitu sebagai dasar penyusunan yang dimuat dalam rencana-rencana pembangunan jangka panjang dan rencana pembangunan jangka menengah berdasarkan pasal 10 ayat 5 undang-undang nomor 32 Tahun 2009.


    “Hal ini dipertegas oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah, tata cara evaluasi Rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan mendengah daerah,” ujarnya.


    Wagubri terangkan, tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah serta rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah telah diatur pada pasal 160 huruf c yang menyebutkan bahwa wajib mengintegrasikan sasaran arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang maupun yang menengah daerah dengan RRPLH.


    “Untuk mewujudkan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut beberapa prinsip dalam penyusunan rpplh yaitu pembangunan berkelanjutan, pembangunan rendah karbon, partisipasi publik dan kerjasama antardaerah,” terangnya.


    Diungkapkannya, dalam proses penyusunan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup provinsi Riau Tahun 2022-2051 ini diperoleh sejumlah isu strategis hasil musyawarah pemangku kepentingan dan selanjutnya dilakukan analisis dan pembahasan dalam forum diskusi kelompok terpimpin untuk memperoleh masukan dari para pihak.


    “ Maka ditetapkanlah tujuh isu pokok lingkungan hidup yang akan diselesaikan dalam kurun waktu pelaksanaan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup 30 tahun ke depan yaitu keberlangsungan ketersediaan pangan, keberlangsungan jasa pengaturan air dan penyimpanan air, perambahan kawasan hutan kerusakan, degradasi ekosistem gambut, ancaman kebakaran lahan dan hutan, abrasi pantai di pesisir dan pulau-pulau terluar, dan penurunan keanekaragaman hayati.” pungkasnya.




     
    Berita Lainnya :
  • Luar Biasa Dasco Sufmi Ahmad Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Ilmu Hukum
  • Gelar Serah Terima Jabatan, Nahkoda Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Resmi Berganti
  • Mita Tak Sabar Ingin Kembali Sekolah Pasca Buka Jahitan Luka dan Mendapatkan Bimbingan Psikologi Lanjutan
  • Kapolsek Payung Sekaki Menyetir Ambulan Sendiri Antar dan Jemput Warga Ke Rumah Sakit
  • Sukses Panen Perdana Padi Teknologi IPAT-BO, Pj Bupati Kampar : Moment Kebangkitan, Kemandirian dan Ketahanan Pangan Kampar
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Luar Biasa Dasco Sufmi Ahmad Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Ilmu Hukum
    02 Gelar Serah Terima Jabatan, Nahkoda Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Resmi Berganti
    03 Mita Tak Sabar Ingin Kembali Sekolah Pasca Buka Jahitan Luka dan Mendapatkan Bimbingan Psikologi Lanjutan
    04 Kapolsek Payung Sekaki Menyetir Ambulan Sendiri Antar dan Jemput Warga Ke Rumah Sakit
    05 Sukses Panen Perdana Padi Teknologi IPAT-BO, Pj Bupati Kampar : Moment Kebangkitan, Kemandirian dan Ketahanan Pangan Kampar
    06 Gubri Ajak TNI/Polri Kembali Galakkan Vaksinasi
    07
    08
    09 Danrem 052/WKR Brigjen TNI Achiruddin Dampingi Kasad Tinjau Food Estate
    10 DPRD Riau Minta Anggaran Bantuan Hukum untuk Warga Miskin Ditambah
    11
    12
    13 Kapolres Rohul Jadi Nara Sumber Sosialisasi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri TA 2023 Di di SMAN 1 Rambah
    14 Kepatuhan Penerapan Prokes Di Sekolah SMPN 4 Siak Hulu Perlu Pembiasaan Agar Murid Terbiasa Menjaga Kebersihan
    15 Cakades Nomor Urut 3 Habib Dalimunthe SHI Siap Memajukan Desa Ngaso Lebih Maju
    16 Ini Bukti Perhatian Pemprov Riau Kepada Desa Di Bawah Kepemimpinan Syamsuar - Edi Natar
    17 Tabligh Akbar HUT Pemkab Bintan ke 74, Ustadz Das'ad Latif Berikan Tausyiah di Bintan
    18 Bupati Bengkalis Kasmarni Ucapkan Selamat Kepada Tiga Desa
    19 Kapolres Kampar: "Segera Kami Turunkan Team"
    20 Polsek Tampan Polresta Pekanbaru DRIVE THRU PRESISI Polsek Tampan
    21 Yulisman Hadiri Acara Pelepasan Kontingen Provinsi Riau Pada Multi Event Olahraga Tingkat Nasional
    22 Presiden Jokowi: Jangan Ada yang Mempersulit Investasi
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com