Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Bupati Rohul H Sukiman Capaian Indeks Pembangunan Meningkat, Torehkan Sejumlah Prestasi
Rabu, 12-10-2022 - 22:27:52 WIB
Fhoto bupati Rokan hulu H Sukiman potong tumpeng saat perayaan HUT Rokan hulu yang ke 23
TERKAIT:
 
  • Bupati Rohul H Sukiman Capaian Indeks Pembangunan Meningkat, Torehkan Sejumlah Prestasi
  •  

    SERGAPONLINE.COM ROHUL - Momentum Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), capaian indeks pembangunan yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) meningkat baik dari sektor pembangunan, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan penanggulangan kemiskinan.


    Selain itu diusia Kabupaten Rohul ke 23, Kabupaten Rokan Hulu dibawah kepemimpinan Bupati Rohul H. Sukiman juga berhasil menorehkan sejumlah prestasi berpredikat, baik tingkat Nasional maupun Provinsi.


    Hal itu disampaikan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman saat pimpin secara langsung Apel Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Rokan Hulu ke 23 Tahun di Lapangan Kantor Bupati, Komplek Pemda Pasir Pengaraian, Rabu (12/10) pagi.


    Dalam Apel Hari Jadi Rohul tersebut, turut hadir Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Sekda Rohul, M Zaki, Forkopimda, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul serta para Tokoh Perjuangan Pemekaran Kabupaten Rokan Hulu.


    Dalam amanatnya, Bupati Rokan Hulu mengucapkan selamat Hari Jadi untuk Kabupaten Rokan Hulu ke 23 tahun, Dengan harapan Negeri Seribu Suluk semakin Jaya dan lebih maju sesuai dengan tema HUT Rohul ke-23 tahun 2022,”Bersatu semakin Kuat, Maju semakin Cepat”.


    Diakui Bupati, kegiatan upacara peringatan HUT Rohul beberapa tahun terakhir tidak dapat terlaksana, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda di penjuru dunia, salah satunya Kabupaten Rokan Hulu.


    "Semoga kisah-kisah momentum ini dapat kita jadikan ajang silaturrahmi, diskusi dan saling isi mengisi untuk kemajuan Kabupaten Rokan Hulu yang kita cintai ini," kata Bupati.


    Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu itu juga mengakui dengan adanya pandemi covid-19, cukup mempengaruhi bahkan sampai merubah tatanan kehidupan, pergaulan dan persaudaraan diantara kita, baik dalam kehidupan di pemerintahan maupun di dalam kemasyarakatan.


    "Namun demikian, Kabupaten yang kita cintai ini, tanpa bermaksud menutupi dampak yang terjadi, akan tetapi Kabupaten Rokan Hulu tidaklah termasuk terdampak berat dengan pandemi Covid-19 tersebut. hal ini dikarenakan adanya kerjasama dan keterpaduan antar Pemerintah daerah, Forkopimda, OPD terkait, tokoh agama, tokoh adat, pihak swasta serta berbagai elemen dan komponen di masyarakat dalam mengantisipasi dan mengatasi pandemi covid-19," tambah Bupati.


    Melalui momen peringatan HUT Rohul ke-23 tahun 2022 ini, Bupati Sukiman menyampaikan perkembangan pembangunan Kabupaten Rokan Hulu secara makro sampai tahun 2022 ini. Dimana berdasarkan kepada data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hulu menunjukkan trend pembangunan yang meningkat, seperti pertumbuhan ekonomi tahun 2020, 1,52 persen dan pada tahun 2021 meningkat menjadi 4,98 persen.


    "Tingkat pengangguran terbuka di tahun 2020, 4,42 persen menurun pada tahun 2021 menjadi 2,25 persen, kemudian tingkat kemiskinan tahun 2020, 10,31 persen naik tipis pada tahun 2021 menjadi 10,40 persen. Sedangkan untuk indek pembangunan manusia Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020, berusia 69,38 tahun meningkat menjadi 69,67 tahun pada tahun 2021," lanjut Bupati.


    "Sementara pendapatan perkapita masyarakat pada tahun 2020, 64,53 juta perkapita per tahun meningkat pada tahun 2021 menjadi 73,98 juta perkapita pertahun dan gini rasio kesenjangan antara kaya dan miskin semakin kecil, pada tahun 2020 adalah 0,314 sementara pada tahun 2021 menjadi 0,296," tambahnya.


    Khusus kemiskinan jelas Bupati, penanggulangannya mulai tahun ini mendapat perhatian tersendiri dari pemerintah pusat, komitmen dari pemerintah Provinsi yang harus ditindak lanjuti ditingkat Kabupaten yaitu penanggulangan kemiskinan ekstrem yang harus tuntas pada tahun 2024 yang akan datang. Hal ini tentu menjadi tanggungjawab bersama untuk mensukseskan kepentingan masyarakat.


    Dia juga mengakui pelaksanaan pemerintahan secara umum dapat berjalan cukup memuaskan. Hal ini terbukti, dengan berhasilnya pemerintah Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2021 menjalankan anggaran tanpa defisit, dan mendapatkan dana insentif daerah sebagai penghargaan dari pemerintah pusat tahun 2022.


    "Memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian yang ke-4 kalinya, memperoleh penghargaan maturitas penyelenggaraan sistem pengawasan interen pemerintah level 3 tahun 2020, apresiasi MCP tahun 2021 dan apresiasi penilaian integritas (SPI) tahun 2021 dari komisi pemberantasan korupsi atau KPK RI," jelas Bupati lagi.


    di bidang ekonomi, Pemerintah menggalakkan dan mengembangkan serta mendorong perkembangan Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Mikro Menengah untuk menggairahkan ekonomi masyarakat, termasuk kelembagaan BUMDES.


    "Sementara itu, dibidang sosial, agama, adat dan budaya, kita tetap menumbuh kembangkan suasana kerukunan, keamanan, kenyamanan, dan toleransi ditengah masyarakat kita yang heterogen, sesuai dengan ciri khas masyarakat kita yang religius," pungkas Bupati.


    Editor : Frengky Nainggolan




     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Pelalawan Hadiri Kegiatan Wirid Yasin Akbar
  • Polres Kuansing, Menggelar Menampung Keluh Kesah dan Menjalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat
  • Kunker DPR RI dan BNPB, Bupati Rohul Harap Dapat Membantu Pembangunan Daerah Terdampak Bencana
  • Jumat Curhat Kapolres Pelalawan Bersama Pengurus Majelis Kemajuan Pelalawan Dan Tokoh Masyarakat
  • Gubri Tinjau Pabrik Es Balok dan Serahkan Bantuan 300 Ribu Benur Udang Vaname di Dumai
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Bupati Pelalawan Hadiri Kegiatan Wirid Yasin Akbar
    02 Polres Kuansing, Menggelar Menampung Keluh Kesah dan Menjalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat
    03 Kunker DPR RI dan BNPB, Bupati Rohul Harap Dapat Membantu Pembangunan Daerah Terdampak Bencana
    04 Jumat Curhat Kapolres Pelalawan Bersama Pengurus Majelis Kemajuan Pelalawan Dan Tokoh Masyarakat
    05 Gubri Tinjau Pabrik Es Balok dan Serahkan Bantuan 300 Ribu Benur Udang Vaname di Dumai
    06 Gubernur Ansar Terima Audiensi SKK Migas Sumbagut - KKKS Wilayah Kepri
    07 Minim Perhatian, TAF Minta Pemko Bantu Kelompok Tani untuk Pemulihan Ekonomi
    08 DR. (c) Zecky Alatas SH MH Hadiri Sosialisasi Bawaslu DKI Jakarta
    09 Kapolres Rohul, Jadi Inspektur Upacara Pada Pelaksanaan LT III Pramuka Penggalang se - Kwartir Cabang Rohul Tahun 2023
    10 Pemko Resmikan Program Subsidi Bunga Pinjaman Bagi 1111 UMKM
    11 Polres Inhil Polda Riau,Mendengar Curhatan Lurah Tembilahan Hilir dan RT
    12
    13
    14 Subuh Harmoni Polres Pelalawan Wujudkan Sinergi Dengan Tokoh Agama Dan Masyarakat
    15 3 Pelaku Narkoba Ringkus Polsek Perhentian Raja, Salah Satu Pelaku DPO Kasus yang Sama
    16 Ada 190 Lebih Titik Jalan Rusak di Pekanbaru, PUPR: Sebagian Besar Butuh Overlay
    17 Kembangkan Sektor Perikanan Kamsol Sambangi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI
    18 Gubri Syamsuar dan M Adil Kompak Potong Tumpeng Bersama
    19
    20
    21
    22 Rivan Purwantono: Tim Pembina SAMSAT Nasional Bahas Roadmap Implementasi Penghapusan Data Ranmor Bagi Penunggak Pajak
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com