Minggu, 25 08 2019
 
Pengawasan Tenaga Kerja di Kabupaten Nias Utara Sangat Terbatas
Jumat, 09 Agustus 2019 - 12:19:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Pengawasan Tenaga Kerja di Kabupaten Nias Utara Sangat Terbatas
  •  

    SERGAPONLINE.COM NIAS-K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) adalah usaha mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan.

    Pengertian secara OHSAS 18001:2007 (Occupational Health and Safety Assessment Series)
    K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja dari tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja.

    Tujuan K3 adalah untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan dengan memelihara dan melindungi kesehatan, keamanan dan keselamatan tenaga kerja sehingga dapat mencegah atau mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja, dan pada akhirnya dapat meningkatkan sistem efisiensi dan produktivitas kerja.

    Sangat disayangkan disaat awak media bincang-bincang dengan Kepala Bidang Tenaga Kerja Kabupaten Nias Utara, Arosokhi Harefa mengatakan bahwa program K3 belum ada di Nias Utara, sehingga untuk menerapkan kepada setiap perusahaan yang menggunakan jasa pekerja kami terbatas walaupun itu adalah bagian dari fungsi dan kewenangan kami sebagai pemerintah yang membidangi ketenaga kerjaan.

    Tidak hanya itu saja, berhubungan dengan perusahaan yang memberi upah dibawah standar, juga dengan jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, masih belum diterapkan. Tapi dengan adanya gagasan positif dari pihak masyarakat yang prihatin dengan para pekerja, maka kami akan segera melakukan rapat koordinasi terkait dengan aturan-aturan yang berlaku pada setiap perusahaan, baik hak maupun kewajiban, karna selama ini ada perusahaan yang menggunakan jasa seperja seperti pemborong proyek, tapi sama sekali mereka tidak melapor kepada kami terkait tenaga kerja yang mereka rekrut, padahal itu adalah sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan tentang wajib lapor ketenaga kerjaan. Jelas Arosokhi.
    (gz)



     
    Berita Lainnya :
  • Pengawasan Tenaga Kerja di Kabupaten Nias Utara Sangat Terbatas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved