Senin, 10 Desember 2018
 
Salah Seorang Pj. Kades Di Nias Selatan Melakukan Pungli Dalam Pembagian Bansos Rastra
Sabtu, 22 September 2018 - 13:28:58 WIB

TERKAIT:
 
  • Salah Seorang Pj. Kades Di Nias Selatan Melakukan Pungli Dalam Pembagian Bansos Rastra
  •  

    SERGAPONLINE.COM NIAS SELATAN - Terkait laporan masyarakat tertanggal 20 Agustus 2018 tentang Laporan masyarakat Desa Hililaora Kecamatan Sidua'ori Kabupaten Nias Selatan yang dilakukan oleh oknum Pj. Kades Hililaora Fatofali Baene kepada penerima bantuan beras sejahtera.

    Laporan tersebut ditujukan kepada Bupati Nias Selatan, Ketua DPRD Nias Selatan, Kajari Nias Selatan, Kapolres Nias Selatan, Kepala Inspektur Nias Selatan dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan.

    Laporan tersebut ditanggapi serius oleh Lembaga Legislatif dan dibuktikan dengan kunjungan anggota DPRD komisi A untuk memfasilitasi pelapor dan terlapor. Pada pertemuan tersebut Camat Sidua'ori, Pj. Kades Hililaora dan puluhan masyarakat ikut menghadiri acara itu hingga seharian penuh.

    Pada kesempatan itu Pj. Kades Fatofali Baene Mengakui akan pungutan liar itu dan tanpa Musyawarah Desa(Musdes).
    "Saya mengakui pungli itu dan itu merupakan kelemahan dan kelalaian saya sebagai Pemerintah Desa untuk itu saya minta maaf dan apapun kesalahan itu supaya dimaafkan. Dengan nada yang sama Camat Sidua'ori Talizonha Zebua juga ikut meminta kepad pelapor untuk dimaafkan atas kelalaian itu.

    Pada pertemuan tersebut anggota DPRD komisi A Faduhusi Laia yang juga sebagai pemandu acara juga berharap semoga masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.
    "Harapan kami supaya masalah ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Dan kami datang bukan untuk menghukum tetapi kami hanya memfasilitasi keluhan masyarakat karena apapun keluhan masyarakat wajib DPRD tanggapi.
     
    Mewakili Kepala Dinas Sosial, Hironimus Temazokho Dachi mengatakan, "dalampenerimaan Bansos itu tidak ada pungutan sepersen-pun dan itu diberikan kepada orang yang kurang mampu."tegasnya.

    Salah seorang warga bernama Hatisama Yusuf Laia mengatkan kami pelapor tidak akan mau berdamai sambil bertanya kepada peserta rapat, dengan nada serentak dan tegas masyarakat menjawab setuju. Beras itupun dibiarkan beberapa karung hingga membusuk akibat tidak dibayarkan uang yang diminta.

    Jadi kades ini sengaja memberdayakan masyarakat menjadi miskin bukan menjadi sejahtera," imbuh Hatimasama Laia Dengan nada kesal.

    Hiburan Ndruru yang juga sebagai TPK tahun 2018 mengatakan bahwa dan bukan hanya pungli tersebut yang dilakukan bahkan pelaksanaan fisik Dana Desa 2018 hancur-hancuran tanpa sepengetahuan saya.

    Pembangunan Rabat beton main timpa saja padahal itu bangunan lama yang bersumber dana dari R2PN pada tahun 2012 klo gak salah demikian rehapan ke 2 (Dua) MCK hingga menelan biaya Rp.139 juta sementara hanya atap dan itupun pada bocor semua dan kayu sembarang.
    Jadi kami masyarakat meminta kepastian hukum di negara ini bila Hal ini selesai hanya untuk sekedar minta maaf, "Tegasnya.

    Mitasia Zebua alias Ina Wira juga mengatakan bahwa pada kepemimpinan pj. kades tersebut sangat arogan.
    "Kami sangat kecewa pada kepemimpinanya dimana rapat diadakan hanya sekelompok orang dan bahkan ketika kami bertanya malah ada kata-kata ancaman.

    Fabeus Laia juga mengatakan bahwa kepala desa ini memang arogan dan bahkan keluh resah masyarakat tidak mau menanggapinya, masa beras itu dibiarkan sampai membusuk hanya tidak mau membayarkan dan sambil mengambil beberapa karung beras bermerek Bulog yang telah disimpn dibalai desa hingga membusuk dan tidak mau dibagikan.
    rabu (19/9/2018)

    Anggota DPRD komisi A Ikhtia Telaumbanua yang juga sebagai ketua komisi A saat dikonfirmasi mengatakan bahwa masalah ini sudah dipending dan akan dilanjutkan seminggu lagi.
    "Masalah ini kami berita peluang hingga seminggu dimana masyarakat masih bertahan dan tidak mau damai, bilamana masalah ini juga tidak selesai maka kami akan merekomendasikan untuk di selesaikan secara hukum, "Tegasnya

    Acara tersebut berlangsung 1(Satu) Hari penuh dan bubar tanpa membuahkan hasil hingga berita ini ditayangkan.

    Penulis : Edhyr Baz



     
    Berita Lainnya :
  • Salah Seorang Pj. Kades Di Nias Selatan Melakukan Pungli Dalam Pembagian Bansos Rastra
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved