Rabu, 21 Oktober 2020

 
Gampong Keude Blang Lonching Rumah Gizi Gampong
Kamis, 15 Oktober 2020 - 20:05:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Gampong Keude Blang Lonching Rumah Gizi Gampong
  •  

    SERGAPONLINE.COM IDI RAYEUK - Pemerintahan Kampung keude Blang kecamatan Idi Rayeuk kabupaten Aceh Timur pukul 10.00 wib, adakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Ibu hamil kurang Energi Kalori dan Balita kurang gizi, sekaligus Lonching Rumah Gizi Gampong (RGG) dan Inovasi Kantong Gizi kurang Bumil dan Balita dalam rangka pencegahan Stunting di masa pandemi Covid-19 serta pembagian obat pencegahan kaki gajah, di Balai pertemuan Kantor Keuchik/kepala desa Keude Blang, pada Hari Kamis (15/10/2020).

    Berlangsungnya acara tersebut dihadiri, Camat Idi Rayeuk Iswandi S.Sos, Kapolsek Idi Rayeuk AKP Ildani Ilyas SH MH, kepala puskesmas Idi Rayeuk M.Amin,Ketua PKK Kecamatan Idi Rayeuk beserta rombongan, Babinkamtibmas Idi rayeuk para Kader Posyandu Kampung keude Blang, para Ibu hamil dan Balita warga kampung keude Blang, serta para perngkat Kampung keude Blang dan para undangan.

    Di kesempatan itu, kepala desa/Keuchik keude Blang Tengku Usman Musa dalam sambutannya menyampaikan “Acara pemberian makanan tambahan sekaligus Lonching Rumah Gizi Gampong (RGG), kami ucapkan selamat datang Muspika kecamatan Idi Rayeuk,Ketua PKK Kecamatan Idi Rayeuk dan juga para undangan”.

    Selanjutnya “Pelaksanaan dari kegiatan ini dari nara sumber Dana Desa Tahun anggaran 2020 dalam program pemberian makanan tambahan kepada Balita juga Ibu hamil yang ada di Kampung keude Blang,

    “Kita juga sangat apresiasi kepada para kader Posyandu dalam pemantauan Balita juga pemantauan Kesehatan terhadap Ibu hamil, guna dilakukan pendataan yang nantinya akan di berikan asupan gizi”.

    Tengku Usman Musa menambahkan “Ucapan terimakasih kepada Puskesmas Idi Rayeuk juga Dinas Kesehatan Kebupaten Aceh Timur atas dukungan untuk pencegahan Stunting dimulai dari 1000 hari, yang artinya dari mulai Bumi Ibu hamil sampai pencegahan Stunting kepada para Balita”.

    Harapan “dengan adanya Kader pemerhati Ibu hamil juga Balita dengan program Stunting ini, guna pencegah angka kematian Ibu dan Anak khususnya di Kampung keude Blang, adanya program ini juga akan di berikan makanan tambahan yang di danai oleh Dana Desa, kedepan berharap agar tetap adanya Dana Desa”, ungkap Usman Musa.

    Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas M.Amin menyampaikan “Ucapan terimakasih kepada aparat desa yang telah membantu kami dalam pelayanan kesehatan. Salah satu bentuk inovasi untuk menekan angka kematian ibu dan kematian bayi di Wilayah Kabupaten Aceh Timur,

    “Berharap untuk meningkatkan salah satu dari Puskesmas adanya kerjasama membuat inovasi guna mencega dari angka kematian Ibu dan kematian Bayi, dengan memantau anak balita dan Ibu hamil, sedangkan untuk bina keluarga Balita, memantau Anak-anak balita tumbuh kembang.

    “Berharap semua bantuan dan dukungan dari warga Idi Rayeuk kita bisa mencapai yang hijau.Himbauan jangan takut corona, harus waspada ikuti protokol kesehatan yang diterapkan”, tutur Kepala Puskesmas.

    Dalam kesempatan itu juga Camat Idi Rayeuk Iswandi S.Sos mengatakan “Alhamdulillah di Kampung keude Blang tidak ada yang namanya gizi buruk, tetapi anak kurang gizi,saya sangat apresiasi Keuchik/kepala desa keude Blang, pukesmas Idi Rayeuk,yang sudah membuat inovasi gizi, kita di kecamatan Idi Rayeuk ada 35 desa,dan mudah-mudahan pada desa keude Blang bisa menjadi contoh untuk desa lainnya masih ada  Kampung lainnyal yang kita tunggu dalam inovasi selanjutnya, ungkap camat Idi Rayeuk Iswandi.

    Lebih jauh pengarahan dan sekaligus pembukaan atas Lonching RGG oleh Ketua tim Kecamatan Idi Rayeuk,, bahwa “Program pemerintah terkait PKK dalam pencegahan Stunting yang dulu dinamakan 4 sehat 5 sempurna, hari ini isi piringku, disitu kita mengetahui Berapa porsi untuk buah sayur, ikan Kemudian untuk karbohidrat, serta obat obatan”.

    "Hal ini membutuhkan anggaran guna oprasional terkait dengan program nasional isi piringku, banyak sekali program nasional yang berkenaan dengan empat bidang kesehatan, kemudian kita juga punya program nasional dimana terkait dengan ketahanan pangan”, Katanya.

    Sementara Kapolsek Idi Rayeuk AKP Ildani Ilyas SH MH atau yang akrab disapa Bang Dani,juga berharap kepada bhabinkamtibmas khususnya wilayah hukum Idi Rayeuk agar terus meningkat dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjaga desanya masing-masing serta untuk berperan aktif untuk membantu masyarakat.

    Selanjutnya “Sangat berharap agar di Kampung-kampung semua program PKK berjalan dan bisa terlaksana sehingga Anak-anak mendapatkan pola asuh yang baik gizi dan cukup.ujar Kapolsek Idi Rayeuk AKP Ildani Ilyas SH MH.

    “ketua PKK kecamatan Idi Rayeuk Hj.Delimawati SE.mengatakan Dalam kata sambutannya menyampaikan, Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul harus diimbangi dengan kesehatan yang baik. Karena itu, asupan gizi dan pola hidup sehat harus diperhatikan sejak dini demi melahirkan generasi bangsa yang unggul.

    Sebagaimana disampaikan presiden terkait SDM unggul, katanya, di zaman globalisasi saat ini SDM Indonesia dituntut harus mampu menjadi insan yang berkualitas baik, sehingga persaingan tidak hanya secara nasional saja, namun juga persaingan secara internasional.

    “Disaat kita harus meningkatkan kualitas SDM, namun di satu sisi masih banyak dari generasi kita yang mengalami masalah gizi,” kata Hj.Delimawati

    " kami juga dari Bunda paut menerapkan pola asuh anak, gerakan nasional baca buku di mana orang tua membacakan buku untuk anak, kalau tempo dulu kebiasaan dari orang Tua dilakukan dongeng untuk anak sebelum tidur, bertujuan mengajarkan pola asuh atau perilaku-perilaku anak yang nanti akan bisa menjadi pembentukan karakter yang  baik pula sehingga selain sehat jasmani rohani mereka punya mental yang bagus yang dimulai dari stunting”, pungkas Ketua PKK.

    Di akhir kata dilakukan pembukaan papan atas Lonchingnya Rumah Gizi Gampong (RGG) dengan Inovasi Kantong Gizi Kurang Bumil Balita. (Rls/Edo)



     
    Berita Lainnya :
  • Gampong Keude Blang Lonching Rumah Gizi Gampong
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved