Bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas yang ingin ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah Rokan Hilir. Mengacu pada Peraturan Da" />
Rabu, 17 Juli 2019
 
KABUPATEN ROKAN HILIR
Pembangunan Bidang Pendidikan Tingkatkan Kualitas SDM
Selasa, 14 Mei 2019 - 14:55:21 WIB

TERKAIT:
 
  • Pembangunan Bidang Pendidikan Tingkatkan Kualitas SDM
  •  


    SERGAPONLINE.COM -- Bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas yang ingin ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah Rokan Hilir. Mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Rohil nomor 2 tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Rokan HIlir 2016 2021, bidang pendidikan menjadi bagian penting dalam hal mendorong pencapaian visi pembangunan.

    RPJMD Kabupaten Rokan Hilir merupakan dokumen perencanaan kabupaten Rokan Hilir untuk periode lima tahun yang dimaksudkan untuk memberikan arahan sekaligus menjadi acuan bagi seluruh pelaku pembangunan di kabupaten Rokan Hilir dalam menyelenggarakan pemerintahan pengelolaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

    RPJMD diwujudkan dalam visi misi tujuan dan arah pembangunan daerah. Visi pembangunan jangka menengah merupakan penjabaran cita-cita masyarakat Rokan Hilir untuk pembangunan lima tahun mendatang yaitu terwujudnya Rokan Hilir sebagai kawasan industri guna menuju masyarakat madani dan mandiri yang sejahtera.

    Pencapain visi dilakukan melalui perwujudan misi pembangunan jangka menengah yaitu a. membangun masyarakat Rokan Hilir yang berbudaya melayu, berakhlak mulia, beriman dan bertakwa. b. mengembangkan industri hulu dan hilir sebagai alternatif penganti sumber pendapatan daerah yang selama ini bersumber dari migas sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. c mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas melalui peningkatan derajat kesehatan dan derajat pendidikan individu dan masyarakat. d mengedepankan prinsip good governance untuk pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan iklim investasi. e. pembangunan infrastruktur untuk pengembangan perekonomian di perdesaan dan perkotaan.

    Misi ini dijabarkan ke dalam tujuan dan arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah. Menyadari akan pentingnya pendidikan dalam upaya peningkatan SDM maka berbagai upaya telah dilakukan dan menunjukkan keberhasilan yang mengembirakan terutama dalam bidang pendidikan.

    Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp mengaku bangga dengan pencapaian yang diraih dalam bidang pendidikan yang dibuktikan dengan membaiknya rangking atau angka kelulusan siswa. Bupati mengatakan sangat terharu dengan hal tersebut yang menunjukkan bahwa kerjasama semua pihak untuk bidang pendidikan telah menunjukkan hasil yang membanggakan.

    "Pencapaian itu tidak terlepas dari kerja keras semua pihak mulai dari dinas dan terutama kalangan guru. Ini merupakan sesuatu yang hebat mengingat dengan keterbatasan anggaran mampu mencapai prestasi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya," kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir HM Rusli Syarief.

    Diketahui untuk tingkat atau rangking kelulusan SD menempati posisi 5 dari sebelumnya berada dirangking 9, begitu juga untuk SMP menempati rangking 6 se-Propinsi Riau dari sebelumnya berada di posisi 11. Bupati mengharapkan agar pencapaian baik tersebut dapat terus dipertahankan kedepan, bahkan didorong agar bisa lebih meningkat lagi. Semua pihak diajak untuk turut menyukseskan program yang ada dan dijalankan terkait dengan bidang pendidikan. 

    Dikatakan bupati pembenahan dalam bidang pendidikan menjadi perhatian utama pemerintah daerah Rokan Hilir hal itu tercermin dari kebijakan yang dilakukan Bupati H Suyatno AMp. Kebijakan dimaksud diaplikasikan dalam bentuk program-program yang mendukung.

    Dalam hal yang berkaitan dengan pembenahan fasilitas sekolah pemkab memperhatikan untuk perbaikan fasilitas yang ada di sekolah sehingga diharapkan hal itu menjadi upaya untuk mendorong terjadinya peningkatan pada mutu pendidikan.

    Bupati secara tegas meminta dinas terkait untuk bisa mencermati dengan baik kondisi sekolah-sekolah yang ada. Jika ditemukan ada fasilitas atau meubiler yang belum lengkap maka sebaiknya, secepat mungkin diberikan atau dilengkapi.

    Karena disadari dengan fasilitas yang lengkap menjadi kebutuhan untuk memastikan bahwa proses pendidikan di sekolah telah berjalan sesuai dengan standar yang diharapkan. Tanpa itu maka mustahil kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana secara maksimal.  Ia menambahkan perhatian pada pendidikan menjadi salah satu program prioritas pemkab sehingga setiap tahunnya alokasi anggaran untuk pendidikan terbilang besar dalam APBD.

    "Kami juga berharap agar para guru di Rohil bisa mengajar dengan baik sehingga melahirkan generasi yang maju," katanya.  Pemkab tegas bupati telah memberikan dukungan yang besar untuk bidang pendidikan, tinggal lagi bagaimana peran serta semua pihak agar bisa bersama-sama memperbaiki dan meningkatkan kualitas maupun prestasi yang ada.

    Selain dukungan untuk fasilitas, sarana prasarana pemerintah juga mendorong terus agar guru dapat meningkatkan kompetensi. Hal itu dilihat dari program sertifikasi kalangan pendidik atau guru merupakan bagian untuk peningkatan mutu pendidikan.

    Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir HM Rusli Syarief usai kegiatan penyerahan sertifikat setifikasi bagi guru belum lama ini.

    "Sebanyak 1.096 guru telah menerima sertifkati pada kesempatan ini sehingga mereka tersebut berhak mendapatkan dana sertifikasi pada tahun 2019 nanti," ujar Rusli Syarif.

    Ia menerangkan pemegang sertifikat itu telah menjalani ujian yang dilaksanakan pusat pada Juni lalu yang dibuat dengan sistem rayon yakni di Rayon Bangko dan Rayon Bagan Sinembah.  Dari sekitar 13.000 guru se-Rohil, sebanyak 6.000 diantaranya merupakan guru negeri.

    Dari yang mengikuti seleksi kemudian dinyatakan lulus sebanyak 1.096 orang.  Sertifikat yang diserahkan terangnya dilampirkan dengan SK terakhir dan kemudian dilaporkan atau masuk dalam data sebagai wajib penerima dana sertifikasi. Jenis sertifikasi dimaksud terdiri atas beberapa kategori diantaranya sertifikat guru berprestasi, serfikat K13, sertifikat sertifikasi dan sejenisnya.

    Sehingga diharapkan terjadi peningkatan prestasi dalam bidang pendidikan, dengan adanya sertifikasi bagi guru. Sementara itu bagi yang belum mendapatkan sertifikat itu, diharapkan bisa mempersiapkan diri lebih maksimal lagi. Tidak hanya dari pemerintah saja, dukungan dari semua pihak untuk peningkatan kualitas pendidikan sangat diharapkan. Salah satunya dari komite sekolah yang merupakan mitra strategis pihak sekolah.

    Keberadaan komite sekolah diharapkan mampu menjadi bagian dalam mendorong tercapainya kualitas pendidikan yang lebih baik lagi. (ADV)



     
    Berita Lainnya :
  • Pembangunan Bidang Pendidikan Tingkatkan Kualitas SDM
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SergapOnline.com, all rights reserved