Home | Politik | Ekonomi | Hukrim | Sport | Lifestyle | Riau | Pekanbaru | Regional | Internasional | Indeks Berita
 
Bupati Asahan Launching Aplikasi SIKAS dan Tutup Virtual Asahan Job Fair 2022
Senin, 14-11-2022 - 07:28:00 WIB
Foto:Bupati Asahan H.Surya BSc menutup Virtual Asahan Job Fair 2022
TERKAIT:
 
  • Bupati Asahan Launching Aplikasi SIKAS dan Tutup Virtual Asahan Job Fair 2022
  •  

    SERGAPONLINE.COM ASAHAN - Dihalaman Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, Bupati Asahan H. Surya, BSc melaunching Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS) dan menutup virtual Asahan job fair 2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 3-10 November 2022, Jum'at (11/11/2022)


    Virtual Asahan Job Fair 2022 ini diikuti 37 perusahaan dengan 97 jabatan, 356 pelamar serta 2.278 lamaran. Ini disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan Dra. Meilina Siregar, M. Si saat menyampaikan laporannya dihadapan Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala BP3MI Sumatera Utara, OPD, Pimpinan Perusahaan, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan tamu undangan lainnya.


    Meilina juga melaporkan tujuan dari virtual Asahan Job Fair 2022 ini untuk mempertemukan Perusahaan Pencari Tenaga Kerja dengan Pencari Kerja sehingga terjadi Transaksi Lowongan Pekerjaan, menurunkan Angka Pengangguran di Kabupaten Asahan dan Pemulihan Ekonomi Akibat Krisis Covid-19 serta membangkitkan perekonomian di Kabupaten Asahan serta mengurangi biaya operasional para pencari kerja untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.


    "Kita menyadari bahwa dunia ketenagakerjaan dihadapkan pada masalah pengangguran, kesempatan kerja, etos kerja, PHK, sumber daya yang tersertifikasi dan masalah lainnya yang tak pernah habis-habisnya dihadapi pencari kerja dan penerima kerja, sehingga Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan merasa perlu mempunyai Aplikasi untuk efisensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas. Pelayanan dan informasi ketenagakerjaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga perlu adanya layanan secara online sehingga dapat melayani pencari kerja yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan (SIKAS) sebagai Konkreat Digitalisasi Birokrasi", ujar Meilina.


    Lebih lanjut dirinya mengatakan, aplikasi SIKAS ini adalah aplikasi spesial yang berbeda dengan aplikasi lainnya di Kabupaten Asahan, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan data Kementerian RI secara otomatis dan sistematis sehingga data kita sinkron dengan data Kementerian. Untuk di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Asahan yang pertama menggunakan aplikasi ini dan untuk di Indonesia baru 7 Kabupaten/Kota yang menggunakan aplikasi ini.


    "Salah satu integrasi datanya adalah integrasi data loker secara nasional pelatihan siap kerja nasional data pencari kerja Nasional/Kabupaten serta data perusahaan secara nasional dengan harapan SIKAS menjadi contoh untuk daerah lain agar dapat melakukan integrasi data dengan Kementerian", tutupnya.


    Sementara Bupati Asahan pada pidatonya mengatakan Job Fair ini sangat membantu masyarakat pencari kerja dan tentunya mengurangi biaya karena semua proses dilakukan melalui aplikasi.


    "Kita patut bersyukur Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan telah memiliki sistem informasi berbasis online yang dipergunakan untuk menyikapi tuntutan perubahan dunia yang mengarah pada digitalisasi sebagai salah satu bentuk pelayanan yang lebih mudah, cepat, transparan dan akuntabel dalam hal membuat lowongan kerja bagi perusahaan melamar pekerjaan bagi pencari kerja", ucap Bupati.


    Bupati juga mengatakan aplikasi ini merupakan sistem yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses layanan pemberi dan pencari kerja dalam bentuk jaringan publik, pelaporan dan prosedur administrasi untuk mendukung kinerja dan memperoleh informasi secara tepat, cepat dan akurat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi lapangan kerja kepada yang membutuhkan.


    Mengakhiri pidatonya Bupati menyampaikan tujuan khusus dari SIKAS ini dibuat adalah, merubah cara konvensional menjadi cara yang modern, mengurangi biaya untuk melamar pekerjaan, mengurangi kekeliruan dalam segala aspek pelayanan lapangan kerja, berinovasi agar lebih praktis mengenai lapangan kerja, meningkatkan kemudahan untuk mencari informasi lapangan kerja serta efektif dan efisien dalam kebutuhan informasi lapangan kerja.


    Dikesempatan ini juga Bupati Asahan melaunching aplikasi SIKAS dengan melalukan scan barcode yang telah disediakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan diikuti oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S. Sos M. Si dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Dilanjutkan dengan meninjau ruangan yang menjadi tempat pelayanan SIKAS dan melihat produk UMKM binaan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.


    Editor:Ibrahim




     
    Berita Lainnya :
  • Exit Meeting Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Pj Sekda Kampar : Mohon Bimbingan Untuk Kampar Yang lebih Baik
  • Jokowi: Rencana Pembangunan Antara Pusat dan Daerah Harus Sejalan
  • Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mengikuti Kegiatan Kunjungan Kerja Jaksa Agung Secara Virtual
  • Buka TMMD Ke -120 Ini Harapan Wakil Bupati Trenggalek
  • Kapolresta Pekanbaru Hadiri Pembukaan TMMD ke 120 Kodim 0301 PBR
  •  
    Komentar Anda :

     
        Indeks Berita
    01 Exit Meeting Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Pj Sekda Kampar : Mohon Bimbingan Untuk Kampar Yang lebih Baik
    02 Jokowi: Rencana Pembangunan Antara Pusat dan Daerah Harus Sejalan
    03 Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mengikuti Kegiatan Kunjungan Kerja Jaksa Agung Secara Virtual
    04 Buka TMMD Ke -120 Ini Harapan Wakil Bupati Trenggalek
    05 Kapolresta Pekanbaru Hadiri Pembukaan TMMD ke 120 Kodim 0301 PBR
    06 Pemprov Kepri Serahkan Insentif untuk Personel Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Babinpotmar
    07 Dirlantas Polda Riau Raih Presisi Award Dari Lemkapi
    08 Secara Bertahap, Pemkab Bengkalis Akan Benahi Masjid Istiqomah
    09 Tingkatkan Kepatuhan Bayar Pajak, Tim Pembina Samsat Tingkat Nasional Gelar Evaluasi Program Kerja Samsat Tingkat Provinsi
    10 Bupati Bengkalis Kasmarni hadiri Halal bi Halal bersama IKA-UNRI Kabupaten Bengkalis
    11 Bupati Bengkalis Terima Buku Hasil Rekomendasi Dari Tim Pengendali Teknis BPK
    12 Puluhan Wartawan Mengadakan Aksi Damai Didepan Kantor Bupati ROHUL Menuntut Evaluasi Kinerja Diskominfo
    13 Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan Minibus yang Tertabrak Kereta Api Pandalungan di Pasuruan
    14 Wakapolres Kuansing dan Bhayangkari Cabang Kuansing Ikuti Zoom Meeting oleh Yayasan Kemala Bhayangkari
    15 Puluhan Wartawan Rohul Minta Bupati Sukiman Peka Terhadap Pers & Evaluasi Kinerja Dinas Kominfo
    16 Puluhan Wartawan Rohul Minta Bupati Sukiman Peka Terhadap Pers & Evaluasi Kinerja Dinas Kominfo
    17 Puluhan Wartawan Rohul Minta Bupati Sukiman Peka Terhadap Pers & Evaluasi Kinerja Dinas Kominfo
    18 Sekdako Pekanbaru Ingin Guru Penggerak Tingkatkan Keahlian Ajar Peserta Didik
    19 Diskominfotiksan Pekanbaru Susun Langkah Strategis Tingkatkan Implementasi SPBE
    20 Yayasan Kemala Bhayangkari Polda Riau Gelar Syukuran HUT ke-44 dan Dukung Program Generasi Emas 2045
    21 Jasa Raharja Jakarta Selatan Lakukan Giat Door To Door Ke PT TPI
    22 Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika S I K Dan Wakapolda Riau Brigjend Pol K Rahmadi Hadiri MUNAS BEM se-Indonesia ke-XVII
     
     
     
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Sergaponline.com